Mohon tunggu...
Praptanty Dwiana Raharjanie
Praptanty Dwiana Raharjanie Mohon Tunggu... Mahasiswi di Universitas Negeri Semarang

Halo semua, selamat datang di laman saya. Saya bukan merupakan orang yang pandai dalam penulisan, tetapi saya hanya sedang belajar dan berusaha agar mempunyai tulisan yang baik. Selamat membaca!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mendorong Inovasi pembelajaran di Sekolah dasar: Kontribusi Mahsasiswa PGSD UNNES dalam Penyusunan Modul PTK

11 Oktober 2025   23:35 Diperbarui: 11 Oktober 2025   23:34 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Proses Wawancara dengan Wali Kelas IV D SDN Mranggen 2 (Sumber: Dokumetasi Penulis)

Sebagai bagian dari kegiatan Bakti Akademisi, mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Semarang (UNNES) melaksanakan kegiatan pengabdian di SDN Mranggen 2, Kabupaten Demak. Kegiatan ini berfokus pada penyusunan modul ajar berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang untuk membantu guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif. Melalui kolaborasi langsung antara mahasiswa dan guru, kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana penerapan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah, tetapi juga wadah pembelajaran kontekstual bagi mahasiswa untuk memahami tantangan nyata di dunia pendidikan dasar.

Pemberian Modul Pendampingan Cara Penyusunan PTK dengan Wali Kelas IV D SDN Mranggen 2 (Sumber: Dokumetasi Penulis)
Pemberian Modul Pendampingan Cara Penyusunan PTK dengan Wali Kelas IV D SDN Mranggen 2 (Sumber: Dokumetasi Penulis)

Proses penyusunan modul PTK dilakukan melalui beberapa tahapan, mulai dari identifikasi permasalahan pembelajaran di kelas, perancangan strategi tindakan, hingga penyusunan rencana pembelajaran yang terukur dan berorientasi pada peningkatan kualitas hasil belajar siswa. Mahasiswa PGSD UNNES berperan aktif sebagai fasilitator dalam membantu guru merumuskan ide-ide tindakan kelas yang realistis dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Dengan pendekatan partisipatif, kegiatan ini menumbuhkan semangat refleksi profesional di kalangan guru serta memperkuat kemampuan analisis mahasiswa dalam merancang solusi pedagogis berbasis data dan praktik lapangan. 

 Melalui kegiatan bakti akademisi ini, terjalin sinergi positif antara perguruan tinggi dan sekolah dasar sebagai mitra strategis dalam peningkatan mutu pendidikan. Penyusunan modul PTK bukan sekadar kegiatan administratif, melainkan upaya konkret untuk mendorong guru agar lebih kreatif, reflektif, dan berorientasi pada perbaikan berkelanjutan dalam praktik mengajar. Mahasiswa PGSD UNNES, dengan semangat pengabdian dan inovasi, turut berkontribusi dalam membangun budaya riset di lingkungan sekolah dasar, menjadikan kegiatan ini langkah kecil namun bermakna menuju pendidikan yang lebih adaptif dan berdaya saing. 

Penyerahan Serifikat Apresiasi oleh Kepala Sekolah SDN Mranggen 2 (Sumber: Dokumetasi Penulis)
Penyerahan Serifikat Apresiasi oleh Kepala Sekolah SDN Mranggen 2 (Sumber: Dokumetasi Penulis)

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun