Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Guru - Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Olimpiade Tokyo 2020 Telah Usai, Namun Indonesia Masih Berpeluang Menjadi Negara Asia Tenggara Terbaik

12 Agustus 2021   17:57 Diperbarui: 12 Agustus 2021   17:58 329 13 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Olimpiade Tokyo 2020 Telah Usai, Namun Indonesia Masih Berpeluang Menjadi Negara Asia Tenggara Terbaik
Lifter Peraih Medali Kelas 49kg Putri dalam Olimpiade Tokyo 2020 - Sumber : kompas.com

"Olimpiade Tokyo 2020 telah usai, Amerika Serikat menjadi yang terbaik disusul China di posisi kedua dan Jepang di posisi ketiga. Hal menarik terjadi dalam persaingan negara asia tenggara, dimana Filipina memimpin, disusul Indonesia dan Thailand. Namun meski Olimpiade Tokyo 2020 telah usai, Indonesia masih berpeluang menyalip posisi Filipina."

Dalam sebuah kompetisi olahraga, sportivitas adalah sebuah keutamaan yang harus dijunjung tinggi. Bertanding dengan penuh kejujuran dan meraih prestasi dengan nilai-nilai luhur adalah sebuah kebanggaan sejati. Berdiri di atas podium pun tak akan hingga rasa tak enak hati jika semuanya dilakukan dengan kejujuran dan ketulusan hati. 

Memang, Olimpiade Tokyo 2020 kali ini telah usai, dan Amerika Serikat menjadi yang terbaik dengan raihan 39 medali emas, 41 medali perak, dan 33 medali perunggu. 

China yang berambisi menjadi yang terbaik harus mengubur dalam-dalam ambisinya itu setelah hanya mampu berada di posisi kedua dan yang mebuat sesak adalah hanya terpaut satu medali emas dengan Amerika Serikat. Tuan rumah Jepang membuntuti di posisi ketiga dengan raihan 27 medali emas, 14 medali perak, dan 17 medali perunggu. 

Persaingan sengit antara Amerika Serikat dan China memang menarik, namun tak kalah menariknya lagi ada bagaimana persaingan sengit antar negara asia tenggara. Bayangkan saja, hingga berakhirnya Olimpiade Tokyo 2020, pergeseran posisi masih dapat berubah. Mengapa ini dapat terjadi? Berikut ulasannya.

Atlet China, Hou Zhihui Ditengarai Menggunakan Doping 

Dalam helatan Olimpiade Tokyo 2020, hal terkait doping merupakan permasalahan yang sangat serius. Apabila didapati atlet yang menggunakan doping demi mencapai performa terbaiknya hal ini sunggu menciderai nilai-nilai luhur yang diusung oleh Olimpiade itu sendiri. 

Dilansir dari kompas.com. Lifter asal negeri tirai bambu yang bermain di kelas 49kg putri, Hou Zhihui diduga menggunakan doping. Peraih medali emas ini terancam didiskualifikasi dan dianulir raihan medali emasnya jika dugaan ini benar-benar terjadi. Hal ini sangat disayangkan jika benar adanya, sebuah fenomena cideranya nilai-nilai sportivitas dalam gelaran Olimpiade kali ini.

Indonesia Berpeluang Perbaiki Posisi dan Menjadi yang Terbaik di Antara Negara Asia Tenggara Lainnya 

"Apabila Windy Cantika Aisah berhasil meraih perak, maka Indonesia akan menggeser posisi Filipina. Unggul satu medali perunggu, Indonesia menjadi yang terbaik di antara negara asia tenggara lainnya dalam Olimpiade Tokyo 2020."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan