Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Guru - Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Cara Aman Berkendara Motor di Masa Pandemi

19 Juni 2021   15:31 Diperbarui: 19 Juni 2021   15:48 109 17 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Aman Berkendara Motor di Masa Pandemi
Ilustrasi Aman Berkendara Motor di Masa Pandemi - Sumber: otomotif.kompas.com

Sebagian orang mungkin dapat bekerja dari rumah selama masa pandemi ini sehingga tak perlu ke mana-mana untuk menjemput rezeki. Sebagian yang lainnya tak mungkin dapat melakukan seperti itu jika ingin menyambung hidup. Menstarter motor, keluar rumah, untuk bekerja harus dilakukan demi dapur tetap ngebul. 

Namun di kala masa pandemi seperti ini rasa-rasanya perlu perlindungan ekstra ketika harus keluar rumah untuk bekerja. Perlu cara tertentu untuk menyikapi hal seperti ini. Keluar rumah dalam kondisi pandemi tanpa perlindungan ekstra masih mengkhawatirkan. Satu sisi harus bekerja dan di sisi lain harus tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan. 

Jika kita berkendara motor keluar rumah untuk bekerja atau hal apapun perlu memperhatikan tentang keselamatan diri. Cara berkendara motor di masa pandemi berbeda dengan biasanya, perlu atribut ekstra dan hal-hal tambahan lain yang perlu dibawa dan diperhatikan. 

Berikut cara aman berkendara sepeda motor di masa pandemi.

Pastikan Kondisi Sepeda Motor 

Sebelum berkendara, hal yang wajib diperhatikan adalah bagaimana kondisi sepeda motor yang akan digunakan. Apakah sudah sesuia standar dan sesuai dengan aturan yang berlaku ataukah belum. Mulai dari kondisi mesin hingga part motor yang lain harus benar-benar dalam kondisi baik dan sesuai aturan yang berlaku. 

Pastikan kondisi mesin dalam keadaan sehat dan laik pakai sehingga ketika di jalan tak ada lagi rasa khawatir akan mogok. 

Setelah itu perlu memperhatikan kelengkapan lainnya seperti jumlah spion standar harus berjumlah 2, knalpot yang digunakan harus yang standar. 

Ketika berkendara pastikan lampu menyala atau dengan istilah lain yaitu light on. Kemudian kondisi ban harus dalam keadaan baik dan menggunakan ukuran yang sesuai demi keselamatan berkendara.

Memakai Helm 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN