Mohon tunggu...
PPKH CISURUPAN GARUT
PPKH CISURUPAN GARUT Mohon Tunggu... Informasi Kegiatan PPKH Cisurupan

Memberikan Informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan oleh PPKH Kecamatan Cisurupan Garut

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Mengaplikasikan P2K2 Modul Ekonomi, Pendamping Sosial PPKH Cisurupan Merintis Koperasi

7 Oktober 2019   10:58 Diperbarui: 7 Oktober 2019   11:22 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mengaplikasikan P2K2 Modul Ekonomi, Pendamping Sosial PPKH Cisurupan Merintis Koperasi
sumber: dokpri

Koperasi SATEMBANG (Satu Tekad Membangun) PKH merupakan koperasi yang masih dirintis oleh pendamping Kecamatan Cisurupan. Penggagas pertama adalah salah satu pendamping PKH Desa Cisurupan yaitu Rani Rahdiani, dimana melihat dari berbagai kasus yang terjadi di wilayah dampingannya. 

Pertama masyarakat khususnya KPM beberapa tidak mengikuti kegiatan P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga), setelah ditelusuri beberapa KPM tersebut sedang mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh Koperasi MBK. Melihat hal tersebut, pendamping berinisiatif mengajak ibu-ibu KPM untuk memulai menabung setelah mendapatkan bantuan sosial PKH.

Selain itu, koperasi ini merupakan tindak lanjut dari pengaplikasian P2K2 modul Ekonomi, dimana KPM memulai menyisihkan uang bantuan sosialnya dengan cara menabung di koperasi Satembang.

Koperasi ini dirintis dari tanggal 26 juli 2018, diawaali dengan merintis KPM desa Cisurupan mulai menabung. Kemudian setelah pendamping berkonsultasi dan berkoordiansi dengan Korcam dan pendamping Kecamatan Cisurupan, disambut dengan baik agar bisa dikembangkan dan dilakukan oleh desa yang lain. Atas kesepakatan tersebut makan koperasi ini terbentuk.


Berdasarkan kesepakatan maka yang ingin mencoba merintis adalah Korcam dan pendamping Sirnajaya. Dengan nama Koperasi SATEMBANG (Satu Tekad Membangun). Keanggotaan koperasi ini telah dilaksanakan 3 Desa, yaitu Desa Cisurupan, Desa Cisero dan Desa Sirnajaya.

Dengan nama tersebut, berharap koperasi ini bisa membangun masyarakat yang sejahtera, terutama KPM PKH Kecamatan Cisurupan. Dengan tekad membangun, baik membangun SDM dan juga SDA yang ada. 

Besar harapan dengan adanya koperasi ini, KPM yang membutuhkan bisa mengambil tabungannya atau sebagai anggota bisa meminjam uang koperasi. Untuk menghindari KPM berhutang ke bank keliling.

"Besar harapan koperasi ini bisa maju dan bahkan bisa menjadi koperasi usaha, dengan meminjamkan modal untuk KPM yang usaha, ataupun KPM yang memiliki prodak usaha/keahlian bisa dijual dan dikembangkan dikoperasi agar usahanya maju dan bisa mensejahterakan keluarganya. Sehingga potensi untuk KPM Graduasi Mandiri meningkat". Ucap Korcam PPKH Cisurupan/ 19/09/2019