Mohon tunggu...
Posma Siahaan
Posma Siahaan Mohon Tunggu... Dokter - Science and art

Bapaknya Matius Siahaan, Markus Siahaan dan Lukas Siahaan. Novel onlineku ada di https://posmasiahaan.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

"Kalau Saya Jadi Ibu, Saya Sudah Potong Ayam Kampung Satu Ekor Buat Selamatan..."

13 Desember 2018   13:22 Diperbarui: 13 Desember 2018   23:06 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perawat poliklinik saat juara tarian cuci tangan (dok.pri)

"Jadi, saya tidak sakit jantung atau sakit berbahaya lainnya, dok?" Tanya seorang ibu muda usia 30-an tahun yang berobat dengan keluhan nyeri dada hebat dan sesak napas hilang timbul kalau sedang ada pekerjaan berat.

"Rekam jantung ibu normal, suara jantungnya juga normal, pemeriksaan USG (ultrasonografi) ibu juga normal, tidak ada tumor, tidak ada batu empedu, batu ginjal atau infeksi di usus buntunya. Tetapi memang bising usus ibu itu meningkat." Kata saya.

Tetapi si ibu tetap bertanya mengapa begini, mengapa begitu, apa yang harus dilakukan, apa saya yakin kalau dia tidak sakit jantung dan apa ada kemungkinan alat pemeriksaan kami salah mengeluarkan hasil. Nah, sudah merendahkan pemeriksaan pula.

"Nah, bu. Kalau saya jadi ibu, dinyatakan dokter tidak sakit jantung dan tidak perlu operasi, saya sudah buat syukuran, sedekahan potong ayam kampung satu. Bukannya malah mencari-cari bukti sakit." Kata saya.

"Bukan begitu, dok. Ada saudara bilang itu gejala sakit jantung dan saya jadi berpikiran sakit itu terus." Katanya dengan tidak enak hati.

Akhirnya saya beri obat asam lambung jenis anti  penghambat pompa proton, anti spasme saluran cerna dan antasida untuk dua minggu ditambah antidepresi yang ringan saja.

Dua minggu kemudian si ibu kontrol dan mengaku sudah agak enakan, terutama kalau makan obat yang malam alias obat antidepresi.

Jadi, kalau anda banyak sekali keluhan fisik dan sudah diperiksa banyak alat penunjang medis masih tidak ketemu kelainan yang mengkhawatirkan, lalu dokternya memberi obat antidepresi, jangan tersinggung, mungkin masalah anda memang bukan masalah fisik tapi banyak pikiran.

Dari FB Kompal
Dari FB Kompal

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun