Mohon tunggu...
Posma Siahaan
Posma Siahaan Mohon Tunggu... Dokter - Science and art

Bapaknya Matius Siahaan, Markus Siahaan dan Lukas Siahaan. Novel onlineku ada di https://posmasiahaan.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mengenang 7 Kompasianival dan 1 "Community Day" dalam 10 Menit

2 November 2017   19:48 Diperbarui: 2 November 2017   20:17 1971
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompasianival 2011

Pertama kali ke kopi darat Kompasiana, saya langsung ikut  Kompasianival 2011 di bulan Desember 2011 bertempat di FX Sudirman.  Itupun karena banyak sekali yang mengajak saya datang dan mengakunya  kepingin dibawakan pempek Palembang. Di tahun ini yang menang Award bu  Christie Damayanti yang pernah kena stroke dan beliau menjadikan menulis  di Kompasiana sebagai bagian terapi penyembuhannya. Disini saya mulai bertemu dengan rombongan PK dan Koplak serta orang-orang Fiksiana,  tetapi saat itu 'booth' komunitas belum dibuat. Beberapa teman yang mengerti penerbitan buku mulai memberi 'pencerahan' tentang cara membukukan karya tulis secara mandiri dan selanjutkan menginspirasi saya membuatnya.

Kompasianival 2012

Tahun 2012, Kompasianival diadakan di Gandaria City, nah disini semua  komunitas diperbolehkan menempati 'booth' yang disediakan panitia, saya  ikut di booth Planet Kenthir tetapi karena sering juga ikut 'event'  Desa Rangkat ikutan juga ke 'warung rangkat'.

Kompasianival 2012 PK (dokpri)
Kompasianival 2012 PK (dokpri)
Desa Rangkat di 2012 (dokpri)
Desa Rangkat di 2012 (dokpri)
Di  Kompasianival tahun ini saya masuk nominasi tetapi kalah voting sama  Tante Paku, kalau tidak salah yang 'vote' saya cuma 6, lumayanlah  daripada tidak ada sama sekali. Kelemahan saya dari dahulu sampai  sekarang yaitu, kurang gaul mendatangi 'postingan' teman, makanya susah dapat suara. Sementara  Kompasianer of the Year nya ibu Maria G Soemitro, yang sangat peduli  tentang lingkungan dan pengelolaan sampah. Tahun itu belum ada kategori  'best opinion' dan lain-lain.

KOMPASIANIVAL 2013

Tahun  2013 dilangsungkan di Grand Indonesia selama 2 hari kalau tidak  salah.  Tidak ada 'booth' Komunitas dan yang menarik saya dijadikan  pembicara  karena termasuk 3 dokter yang suka menulis di Kompasiana yang  kebetulan  spesialis, selain dr. Andri SpKJ dan dr. Irsyal SpPD. Saya  sempat foto  bareng dengan Mira Lesmana yang saya kagumi karena filmnya  Laskar  Pelangi sempat 'box office' di Indonesia.

2013 Welfie dengan Mira Lesmana (dokpri)
2013 Welfie dengan Mira Lesmana (dokpri)
2013 Dokter Menulis (dokpri)
2013 Dokter Menulis (dokpri)
Disini  mulai ada pembagian award menjadi 'best opinion', 'best reportase',  'best fiction' dan 'Kompasianer of the Year'. Pemenangnya yang saya  ingat di opini bu Iramawati Oemar yang kemudian karena satu dan lain hal  agak jarang menulis di Kompasiana lagi, lalu Fandi Sido di fiksi,  Yusran Darmawan di reportase dan K o Y.

KOMPASIANIVAL 2014

Kompasianival 2014 (dokpri)
Kompasianival 2014 (dokpri)
Dilaksanakan  di Taman Mini Indonesia Indah. Saya sebenarnya ada kegiatan seminar  lain di Jakarta saat itu, jadi ikutannya tidak 'fulltime'. Nah yang  berkesan di acara ini adalah 'sessi' ketika Ridwan kamil dan Ahok  dipadukan satu panggung, padahal isunya keduanya akan saingan di pilkada DKI 2017.
dokpri
dokpri
Kompasianival 2014 dan Pak Tjip (FB Tjiptadinata Effendy)
Kompasianival 2014 dan Pak Tjip (FB Tjiptadinata Effendy)
Dan  yang tidak bisa saya lupakan adalah pertama kalinya berkenalan dengan  pak Tjiptadinata Effendy yang tulisan-tulisan inspiratifnya sangat menggugah jiwa dan memotivasi. Tahun ini pemenang 'Kompasianer of the  Year' adalah beliau. Pemenang lainnya, bung Rahab, Daniel HT, Fey Down,  Hendra Wardhana (ini dua terakhir aku gak pernah ketemu).

KOMPASIANIVAL 2015

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun