Mohon tunggu...
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR Mohon Tunggu... Konsultan - Profesional Development - Sokrates - Binus Creates

Hanya ingin berbagai untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia, khususnya dalam penerapan teknologi dalam proses pembelajaran.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Proses yang Tepat

20 September 2021   10:38 Diperbarui: 20 September 2021   10:41 71 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Proses yang Tepat
Dokumen Pribadi

Dalam sebuah Webinar, ada sebuah kalimat yang menurut penulis cukup menarik yang disampaikan Nara sumber yaitu Prof.Eko Indrajit. Beliau mengatakan "Kita tidak akan mengalami Learning Loss jika kita melakukan proses pembelajaran dengan tepat". 

Hal ini beliau sampaikan dalam menyikapi proses pembelajaran yang saat ini sedang berlangsung di negeri ini selama masa pandemi dan di masa yang akan datang. 

Menjadi menarik karena pada dasarnya selama Pandemi ini dari berbagai riset menunjukkan adanya penurunan kualiatas pendidikan di negeri kita. 

Kita sepenuhnya menyadari bahwa Negeri kita memang belum siap dalam menghadapi perubahan yang serba cepat ini tetapi pada intinya kita juga harus dapat menjaga kualitas Pendidikan walau apapun perubahan yang terjadi.

Dalam masa Pandemi Covid 19 ini, jelas kita sangat tergantung dengan teknologi walaupun infrastruktur Pendukung belum sepenuhnya siap dalam mensuport proses perubahan yang terjadi tetapi setidaknya kita mampu memanfaatkan hal tersebut untuk tetap menjaga anak-anak kita tetap "Belajar". 

Salah satu hal yang mungkin tidak boleh kita lupakan adalah dengan menggunakan metode yang tepat atau dapat dikatakan bagaimana seorang Guru dapat mengelola proses pembelajaran yang dilakukan baik secara tatap muka, blended learning ataupun secara hybrid learning.

Guru harus mempersiapkan proses pembelajaran dengan sebaik mungkin dari mulai pembukaan, penyampaian tujuan pembelajaran, materi inti, diskusi, review dan penutup. 

Semua harus didesain sedemikan rupa supaya lebih menarik dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Tidak hanya itu dengan metode hybrid saat ini Guru juga harus mendesain proses pembelajaran Asinkronus untuk mendukung proses pembelajaran sinkronusnya karena hal itu akan sangat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Dalam melaksanakan proses pembelajaran Asinkronous tentunya kita membutuhkan sebuah media lain seperti Learning Management System (LMS) tetapi saat ini sudah banyak LMS yang dapat kita gunakan dengan berbagai fitur pendukung sehingga proses asinkronus dapat kita lakukan dengan mudah. 

Dengan menerapkan asinkronus dan sinkronus dalam proses pembelajaran akan membuat pembelajaran dapat lebih menarik dan tentunya akan membuat anak-anak kita tetap untuk belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan