Mohon tunggu...
Carmenita Helena
Carmenita Helena Mohon Tunggu... Call me "Helen"

Mahasiswa dan Entrepreneur

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Tips Investasi Emas untuk Pemula Saat Pandemi

14 Januari 2021   14:25 Diperbarui: 14 Januari 2021   14:50 163 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Investasi Emas untuk Pemula Saat Pandemi
Infografis keuntungan investasi emas/pantau.com

Beberapa bulan lalu, sempat viral harga emas naik drastis, sehingga para pemilik emas berlomba-lomba untuk mencairkan asetnya. Emas selalu menjadi alternatif untuk menabung atau investasi jangka panjang. Hal ini dikarenakan emas tergolong sebagai aset aman atau safe have yang harganya tidak dipengaruhi oleh inflasi atau penurunan nilai mata uang. Selain itu ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi emas seperti berikut :

•Emas Mudah diperdagangkan Dalam Waktu Kurang dari Satu Tahun.

Emas mudah dicairkan dalam waktu kurang dari satu tahun atau waktu dekat, daripada deposito yang memiliki ketentuan waktu tertentu untuk mencairkan dananya. Sehingga, apabila pemilik aset emas membutuhkan dana darurat sewaktu-waktu, bisa menjual aset emasnya.

•Emas Dapat dijadikan Investasi Jangka Panjang

Emas dapat dijadikan investasi jangka panjang, karena nilainya tidak terpengaruh oleh inflasi dan resesi. Nilai harga emas cenderung stabil, dan terus mengalami kenaikan. Sehingga, para pemilik aset emas tidak perlu khawatir bahwa nilai asetnya akan turun apabila terkena inflasi.

•Harganya Terjangkau

Berkat perkembangan zaman, sekarang anak muda bisa berinvestasi emas. Beberapa perusahaan seperti PT Antam Tbk dan PT Untung Bersama Sejahtera telah menyediakan emas logam mulia dengan ukuran yang bervariasi mulai dari 1 gram sampai dengan 1000 gram. Selain itu, ada juga emas dalam bentuk digital, yang jauh lebih praktis, karena tidak perlu safety deposit box untuk menyimpannya, seperti emas batangan. Selain itu, emas dalam bentuk digital dapat dicairkan menjadi uang tunai atau dicetak menjadi emas batangan.

Setelah melihat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari menabung atau berinvestasi emas. Tentu saja, Anda jadi kepikiran dan tertarik untuk mencoba menabung emas. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mencoba untuk menabung atau berinvestasi dengan emas dalam masa pandemi. Hal-hal tersebut adalah :

•Buat Rencana dan Tetapkan Tujuan Investasi Emas

Buatlah rencana dan tujuan Anda menabung emas untuk apa. Semisal berinvestasi emas agar bisa membayar uang kuliah sendiri, membantu keuangan orang tua, atau membeli kendaraan atau rumah pribadi. Lalu tentukan berapa lama Anda mau berinvestasi emas, seperti 6 bulan, setahun, atau 2 tahun.

•Periksa Kembali Finansialmu Sebelum Mulai Berinvestasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x