Mohon tunggu...
PMM 54UMM
PMM 54UMM Mohon Tunggu... Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa

PMM 54 UMM gelombang 3 dilaksankan di Dusun Sanggrahan RT 1 dan RT 2, Desa Ampelgading , Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Meningkatkan Produktivitas Pertanian di Era New Normal Oleh Mahasiswa UMM

20 Agustus 2020   18:55 Diperbarui: 20 Agustus 2020   23:42 92 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meningkatkan Produktivitas Pertanian di Era New Normal Oleh Mahasiswa UMM
whatsapp-image-2020-08-20-at-18-48-41-5f3e6598d541df236a7bb502.jpeg

Malang - Kegiatan sosialisasi pembuatan kompos ini bertempat di Dusun Sanggrahan Desa Ampelgading Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang khususnya Rt 01 dan Rt 02.

Sosialisasi dilakukan oleh PMM UMM Gelombang 3 Kelompok 54 sendiri tanpa mendatangkan pemateri dari luar. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara door to door untuk Rt 01, Sedangkan untuk Rt 02 dilakukan pada saat acara tahlilan di kediaman Bapak Ketua Rt 02.

Sosialisasi ini dilakukan karena kami melihat banyaknya warga yang memiliki hewan ternak baik kambing sehingga kami berfikir untuk memaksimalkan potensi tersebut dengan melakukan sosialisasi pembuatan pupuk kompos dari kotoran ternak dan sampah organik yang ada dengan tujuan agar petani dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia yang dapat mengurangi kesuburan dan merubah struktur tanah jika penggunaannya secara berlebihan.

"Saya sangat senang mendapatkan pengetahuan seperti ini yang mana saling tukar pendapat" ucap Pak Tanto warga Dusun Sanggrahan RT 1

Selain itu, tujuan dari sosialisasi pembuatan pupuk kompos ini yaitu untuk membantu ekonomi masyarakat dengan pengurangan penggunaan pupuk kimia dan beralih menggunakan pupuk kompos sehingga dapat menekan biaya pengeluaran untuk pembelian pupuk, membantu memperbaiki struktur tanah, dan dapat dijadikan lapangan usaha produksi pupuk kompos sehingga meningkatkan taraf pendapatan warga.

Warga sangat antusias saat sosialisasi pembuatan pupuk kompos karena mayoritas mata pencaharian warga Dusun Sanggrahan Desa Ampelgading adalah sebagai petani sehingga mereka dapat menerapkan pada lahan mereka masing-masing dengan memanfaatkan kotoran ternak dan sampah-sampah organik yang ada. Harapannya petani dapat beralih menggunakan pupuk organik untuk membantu perbaikan lahan dan perekonomian masyarakat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x