Mohon tunggu...
PmmKel8
PmmKel8 Mohon Tunggu... Mahasiswa

UMM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa UMM PMM Kelompok 8 Mengisi Kegiatan Ramadhan dengan Mengadakan Perlombaan Hafalan Surat Pendek

2 Mei 2021   22:10 Diperbarui: 2 Mei 2021   22:23 28 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UMM PMM Kelompok 8 Mengisi Kegiatan Ramadhan dengan Mengadakan Perlombaan Hafalan Surat Pendek
dokumentasi pribadi

Menjalani proses kegiatan pengabdian di tengah-tengah bulan puasa merupakan hal yang menyenangkan. Selain bisa ikut terlibat dalam kegiatan ramadhan yang ada di desa, adanya bulan suci ramadhan bisa menjadi momentum bagi mahasiswa PMM Kelompok 8 Universitas Muhamamdiyah Malang untuk berperan dalam mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan. Salah satu kegiatan keagamaan yang diadakan untuk mengisi bulan ramadhan adalah perlombaan hafalan surat pendek bagi anak-anak desa. Kegiatan ini sangat menarik karena selain mengisi kegiatan bagi anak anak, kegiatan ini juga merupakan wujud nyata kepedulian mahasiswa PMM Kelompok 8 Universitas Muhammadiyah Malang terhadap pengembangan keagamaan di Desa Gunungsari. 

Potensi anak-anak Desa Gunungsari yang memiliki kemampuan dan terbiasa membaca Al-Quran dengan lantunan lagu yang telah diajarkan sejak lama menjadi salah satu alasan kegiatan perlombaan ini diadakan, kegiatan ini pun mendapat apresiasi yang baik dari salah satu kepala penagajar tpq di salah satu tpq di dusun pagar gunung, "ya, selama ini memang banyak jenis perlombaan yang diikuti oleh anak-anak, dari perlombaan yang dielenggarakan dusun, pemerintah desa hingga ke kecamatan, bahkan ada yang sampai di tahap se-kota dan kabupaten, hanya memang dengan adanya kegiatan perlombaan hafalan surat pendek dapat memotivasi anak anak untuk bisa lebih dekat dan mencintai Al-Quran" tutur bapak Ikhlas salah satu pengajar TPQ di dusun Pagar Gunung Desa Gunungsari Kec. Bumiaji Kota Batu.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Selain tu Bapak Ikhlas juga mengharapkan dengan adanya kegiatan yang diadakan bisa membuat anak-anak tpq bisa menjadi lebih baik dalam hal moral dan Akhlak, sebagaimana yang dikatakan oleh beliau bahwasanya anak-anak tpq dusun pagar gunung desa gunungsari sangat tergila-gila dengan budaya K-POP, maka sebagai mahasiswa kami ingin mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi anak-anak tpq dalam upaya membantu perkembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik terutama dalam mewujudkan cita-cita memiliki generasi muda yang memiliki semangat keagamaan yang tinggi dan disertai dengan akhlak yang mulia.

VIDEO PILIHAN