Mohon tunggu...
Haula ArraidaFata
Haula ArraidaFata Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Malang

Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa Kelompok 98 Gelombang 12

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

PMM UMM Kelompok 98: Edukasi Anak Usia Sekolah untuk Penanaman Tanaman Hias Menggunakan Media Tanam Hydrogel

12 Agustus 2021   13:30 Diperbarui: 12 Agustus 2021   13:38 155 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumen Pribadi: Foto kegiatan edukasi pembuatan tanaman Hydrogel

Dokumen Pribadi: Foto kegiatan edukasi pembuatan tanaman Hydrogel
Dokumen Pribadi: Foto kegiatan edukasi pembuatan tanaman Hydrogel

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dengan Program Pengabdian masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) gelombang 12 kelompok 98, melakukan sebuah kegiatan edukasi berupa penanaman tanaman hias dengan media tanam hidrogel bersama anak-anak yang berada di Desa Sumberjo, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar. Kegiatan ini dikoordinir oleh Haula Arraida Fata dan terdiri atas empat anggota lainnya yaitu Naziah Kusumoadi, Intan Phandini, Audiza Assyifa Ramila dan Rica Rahma Sari serta dibimbing oleh DPL Ibu I'anatut Thoifah, M.Pd.I.

Hidrogel atau kristal warna warni sering digunakan sebagai media tanam bagi tanaman hidroponik. Hidrogel sebagai media tanam pengganti tanah merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi intensitas penyiraman. Dengan menggunakan media tanam hidrogel penyiraman tidak perlu dilakukan rutin setiap hari melainkan ketika air yang ada di dalam botol mulai habis maka pengisian dilakukan secara manual secukupnya saja. Media tanam hidrogel memiliki sifat dapat menyerap dan menyimpan air serta nutrisi di dalam bulatan seperti kelereng. Dengan cara ini, tanaman tidak perlu sering disiram karena sudah ada cadangan air yang ada di dalam bulatan hidrogel tersebut, sehingga mengoptimalkan penyerapan oleh akar. Selain itu, manfaat menggunakan media tanam hidrogel dapat mengurangi tingkat stres pada anak, pencemaran lingkungan dari erosi, pencemaran air tanah dan lebih ekonomis.

Kegiatan edukasi media hidrogel dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 1-2 Agustus 2021 di Desa Sumberjo, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar. Kegiatan melibatkan anak usia sekolah di Desa Sumberjo dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas, dapat menambah kegiatan positif selama masa pandemi ini dan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan baru tentang agroteknologi untuk anak usia sekolah di Desa Sumberjo. Hidrogel merupakan alternatif media tanam pengganti tanah dan memiliki nilai estetika. Media hidrogel yang memiliki berbagai warna dan cara penanaman yang sangat sederhana, sehingga memiliki daya tarik tersendiri di kalangan anak-anak.

Dengan adanya edukasi tentang pembuatan tanaman hias menggunakan media hidrogel, diharapkan anak-anak dapat melatih tanggung jawab, sabar, serta mengurangi tingkat stress karena terbatas nya ruang sosial antara teman sebaya nya. Antusiasme anak-anak sangat tinggi dengan adanya edukasi hidrogel karena keunikan dan keindahan yang dimiliki. Ketika anak-anak usia sekolah sudah mengetahui cara penanaman tanaman hias menggunakan media tanam hidrogel dengan cara yang baik, maka mereka dapat menambah prospek ekonomi karena hidrogel memiliki keindahan dibandingkan dengan media tanah ataupun media lainnya. Anak-anak usia sekolah dapat menjual tanaman hias yang sudah mereka buat dengan bahan, alat dan cara yang aman serta keuntungan yang menjanjikan. Dengan adanya edukasi pembuatan tanaman hias hidrogel secara mandiri, anak usia sekolah di Desa Sumberjo  diharapkan dapat memulai usaha atau bisnis secara mandiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan