Mohon tunggu...
PMM 38 Manggis Kediri
PMM 38 Manggis Kediri Mohon Tunggu... Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang menempuh pengabdian untuk masyarakat 2021

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

PMM UMM 38 Jalankan Program Media "Bersama Belajar Sholat"

2 Maret 2021   15:34 Diperbarui: 3 Maret 2021   17:28 38 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PMM UMM 38 Jalankan Program Media "Bersama Belajar Sholat"
Pembuatan Media (Dokumentasi Pribadi)

Senin (1/03) di Mushola Al Baitullah Dusun Sumberejo Desa Manggis telah berlangsung program kerja di bidang pendidikan yaitu mengaji tentang solat menggunakan media “Bersama Belajar Solat”. Program tersebut digagas oleh Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa kelompok 38 gelombang 2 saat melihat daya tangkap santri mengenai bacaan solat serta rukunnya. Program kerja ini telah di-ACC oleh DPL ibu Beti Istanti S., S.Pd., M.Pd. dan memiliki sasaran yaitu anak yang mengaji di mushola Al Baitullah usia 4-10 tahun.

Materi sholat kami ambil dari buku Materi Keislaman dan Ibadah dan kitab yang biasa digunakan dalam materi solat, yaitu Fashalatan. Media dirancang dengan bacaan huruf arab dan latin agar memudahkan anak-anak menangkap materi mengenai bacaan solat. Persiapan membuat media ini dilakukan selama empat hari yaitu dimulai tanggal 26 Februari hingga 28 Februari 2021.

Pengajaran Doa Setelah Wudhu (Dokumentasi Pribadi)
Pengajaran Doa Setelah Wudhu (Dokumentasi Pribadi)

Bacaan solat yang sudah ditemukan diketik melalui Ms. Word. Tim PMM 38 memberikan warna disetiap penggalan bacaan yang sudah ditetukan. Penggunaan warna ini di tujukan untuk menarik minat anak-anak untuk belajar solat. Selian itu, anak-anak diharapkan mampu memahami pelafalan di setiap bacaan solat yang sudah disediakan. Tim PMM 38 melakukan pengecekan berulang kali untuk memastikan bahwa bacaan yang sudah di sediakan sudah tepat sesuai buku acuan kami.

Anak-anak menyimak materi doa setelah wudhu (Dokumentasi Pribadi)
Anak-anak menyimak materi doa setelah wudhu (Dokumentasi Pribadi)

Selain belajar dari materi, tim PMM 38 juga menjalankan praktik beribadah. Hari pertama yang dilaksankana kemarin kami mengajarkan tentang wudhu. Wudhu merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum melaksanakan solat, untuk itu penting untuk diajarkan pada anak. Bacaan sholat memang baiknya diajarkan sejak dini. Sehingga ketika anak-anak usia baligh sudah mampu menjalankan kewajiban untuk sholat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x