Mohon tunggu...
David Olin
David Olin Mohon Tunggu... Pustakawan - Belum terlambat aku mencintai-Mu

Setiap kali menatap mentari, bulan selalu mendapat cahaya baru (IG: @david.usolin.sdb) Note: Semua tulisan dalam platform ini dibuat atas nama pribadi.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Sering Merasa Kesepian? Mulailah Mendengarkan

8 Juli 2022   15:13 Diperbarui: 8 Juli 2022   15:17 68 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Kesepian (loneliness) di sini tidak identik dengan kondisi berada sendirian tanpa ada orang lain di sekitar kita. Semua orang pernah mengalaminya. Bahkan di antara sepasang kekasih sekalipun, kesepian bisa datang menghampiri.

Tidak jarang, di tengah keramaian sekalipun, aku merasa sepi. Mirip lirik lagu. Berikut ini adalah beberapa penyebab kesepian.

Pertama, keinginan berlebihan untuk dicintai. Semakin kita ingin dicintai secara berlebihan, semakin kita merasa tidak dicintai. Paling jauh, kita bisa memutuskan relasi dengan orang lain.

Kedua, tak ada rasa cinta pada mereka yang sangat membutuhkan. Berlawanan dengan penyebab pertama, kita mulai menutup diri karena merasa cukup diri.

Tak ada yang salah dengan kesepian. Sebagai makhluk rohani dan jasmani, tak ada satupun hal yang bisa memuaskan diri kita selain Yang Tak Terbatas. Kesepian mulai menjadi masalah ketika mengurung diri kita dari orang lain.

Latihan sederhana untuk keluar dari kesepian yang mematikan adalah: mendengarkan dan mulai mencintai. Dua latihan ini teristimewa ditujukan bagi mereka yang kita anggap paling tidak layak untuk dicintai.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan