Mohon tunggu...
P Joko Purwanto
P Joko Purwanto Mohon Tunggu... Guru - Teacher

Becoming added value for individual and institute, deeply having awareness of personal branding, being healthy in learning and growth, internal, external perspective in order to reach my vision in life, and increasingly becoming enthusiastic (passion), empathy, creative, innovative, and highly-motivated.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran dengan Integrasi TPACK dalam Kurikulum Merdeka

21 Mei 2024   22:35 Diperbarui: 31 Mei 2024   09:54 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Technological Pedagogical Content Knowledge/http://tpack.org/)

Dalam era di mana teknologi semakin meresap ke dalam setiap aspek kehidupan kita, peran pendidik sebagai penghubung antara pengetahuan, teknologi, dan pembelajaran menjadi semakin vital, terutama dalam konteks Kurikulum Merdeka yang sedang diterapkan di Indonesia. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran telah menjadi salah satu elemen kunci dalam mempersiapkan siswa untuk berhasil beradaptasi dan berkembang di masyarakat yang semakin terkoneksi secara digital.

Dalam kerangka Kurikulum Merdeka, konsep Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) memainkan peran penting sebagai panduan bagi pendidik untuk mengintegrasikan teknologi secara efektif dalam praktik pengajaran mereka. TPACK bukan hanya sekadar koleksi pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten yang berdiri sendiri, tetapi sebuah model yang menunjukkan bagaimana ketiga dimensi tersebut saling berinteraksi dan mendukung dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang bermakna dan mendalam bagi siswa.

TPACK menuntut pendidik untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang teknologi yang tersedia, strategi pengajaran yang efektif, dan materi pelajaran yang diajarkan, sesuai dengan tujuan Kurikulum Merdeka. TPACK mencakup penguasaan terhadap teknologi seperti komputer, perangkat lunak, dan internet, serta pemahaman tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran yang efektif.

Dengan memiliki TPACK yang kuat, pendidik dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi yang sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, strategi pedagogis, dan kebutuhan siswa. Mereka menggunakan alat dan metode teknologi yang sesuai untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa, sambil tetap memperhatikan konten materi pelajaran dan kebutuhan pembelajar.

Selain itu, penting bagi pendidik untuk terus mengembangkan kompetensi TPACK mereka melalui program pengembangan profesional yang sesuai dengan arah Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, mereka dapat terus memperbaharui pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengintegrasikan teknologi secara efektif dalam praktik pengajaran, sehingga mereka selalu siap menghadapi tantangan baru dalam lingkungan pembelajaran yang terus berkembang.


Dengan mempertimbangkan kerangka TPACK dan nilai-nilai yang dianut oleh Kurikulum Merdeka, pendidik dapat menjadi agen perubahan dalam menerapkan teknologi secara inovatif dalam pengajaran mereka. Hal ini membantu mempersiapkan siswa untuk menjadi pembelajar yang tangkas dan berdaya saing di era digital ini, sesuai dengan visi Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pengembangan keterampilan abad ke-21. Melalui pendekatan holistik dan terpadu seperti yang ditawarkan oleh TPACK, kita dapat memastikan bahwa pendidikan terus beradaptasi dengan perubahan zaman dan mempersiapkan generasi mendatang untuk sukses dalam masyarakat yang semakin terhubung dan maju secara teknologi.

Definisi Kerangka Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

Kerangka TPACK adalah model yang membantu pendidik mengintegrasikan teknologi secara efektif ke dalam praktik pengajaran mereka. Berikut beberapa poin penting tentang TPACK:

Technological Knowledge (TK):

  1. Pemahaman tentang teknologi yang tersedia dan fungsinya.
  2. Mengetahui cara menggunakan berbagai alat teknologi seperti komputer, perangkat lunak, sumber daya internet, dan multimedia.

Pedagogical Knowledge (PK):

  1. Pengetahuan tentang strategi pengajaran, metode instruksional, dan teori pembelajaran.
  2. Pemahaman tentang bagaimana siswa belajar dan berkembang.

Content Knowledge (CK): 

  1. Pemahaman mendalam tentang materi pelajaran yang diajarkan.
  2. Penguasaan atas konten kurikulum, konsep, teori, dan prinsip.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun