Mohon tunggu...
Subhan Riyadi
Subhan Riyadi Mohon Tunggu... Abdi Negara Indonesia

Stop! Rasialisme anti minoritas apa pun harus tak terjadi lagi di Indonesia. Sungguh suatu aib yang memalukan. Dalam lebih setengah abad dan ber-Pancasila, bisa terjadi kebiadaban ini kalau bukan karena hipokrisi pada kekuasaan (Pramoedya Ananta Toer).

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Meski Timnas Indonesia Muda Kalah Telak, Semangat Juangmu Tetap di Hatiku

9 Juni 2021   16:47 Diperbarui: 9 Juni 2021   16:55 70 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meski Timnas Indonesia Muda Kalah Telak, Semangat Juangmu Tetap di Hatiku
Timnas Garuda kalah 0-4 dari Vietnam (gambar: Dokrpri. Tangkapan layar youtube)

Garuda MudaMeski Timnas Indonesia muda dengan logo Garuda di dadaku kalah telak, namun semangat juangmu tetap di hatiku. Bangga rasanya menyaksikan kembali Timnas Indonesia muda berkiprah pada ajang piala dunia, hal ini dilakukan soalnya bangsa yang besar ini begitu merindukan gelar mahkota juara.

Sorak soarainya pendukungnya tiada henti-hentinya memberi motivasi bagi perjuangan garuda muda dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Mulai dari pekikan membara dalam dada, suara penonton dari balik layar kaca seakan-akan menggoyang jagad sepakbola tanah air yang mulai bergulir, dari sabang hingga  berhembus membawa angin segar menuju merauke. Dari pulau Miangas hingga pulau Rote mendoakan Timnas berlaga dengan caranya.

Riuh rendah masa bercerita sepakbola, menunggu juru pengadil meniup peluit pertanda dimulainya laga sang garuda melawan gajah perang vietnam.  

Kemenangan sebuah harga mati, rupanya kata-kata itu belum terwujud, hanya harapan penyemangat juang 45 yang terucap dari kalangan anak-anak, muda, dewasa, hingga tua, mengalir dari setiap pori-pori kulit manusia yang beragam suku dan bahasa, berharap sang garuda muda pulang membawa senyuman merona, alhasil berbalas nelangsa di masa duka pandemi covid-19.

Namun apalah daya, sayap-sayap kekar sang garuda yang begitu gagah dipandang mata belum bisa terbang melewati angkasa Piala Dunia.

Setiap hari, setiap bulan, dan setiap tahun selalu pergi dengan canda lalu pulang meneteskan air mata kecewa.

"Indonesia bisa, indonesia bisa" indonesia bisa!" teriak masyrakat nusantara yang menyaksikan kalah, berdoa menang di waktu selanjutnya.

Asa pendukung Indonesia tetap setia, meski Timnas Indonesia babak belur dihajar empat gol tanpa basal (0-4) dari Vietnam pada pertandingan lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Dubai, Selasa,(8/6/2021) dini hari.

Derita Indonesia hadir pada menit ke-51 yang dicetak oleh  Nguyen Tien Linh. Skor 0-1.

Belum puas menoreh luka, Vietnam kembali menambah luka kedua yang dibukukan oleh Nguyen Quang Hai pada menit ke-62. Skor 0-2 yang menambah basah luka yang belum mengering.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x