Mohon tunggu...
Subhan Riyadi
Subhan Riyadi Mohon Tunggu... Abdi Negara Indonesia

Stop! Rasialisme anti minoritas apa pun harus tak terjadi lagi di Indonesia. Sungguh suatu aib yang memalukan. Dalam lebih setengah abad dan ber-Pancasila, bisa terjadi kebiadaban ini kalau bukan karena hipokrisi pada kekuasaan (Pramoedya Ananta Toer).

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Meski Pandemi, Tak Kurangi Sakralitas Pelaksanaan Salat Idul Fitri

13 Mei 2021   16:34 Diperbarui: 13 Mei 2021   18:29 289 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meski Pandemi, Tak Kurangi Sakralitas Pelaksanaan Salat Idul Fitri
Dokpri/Subhan

Meskipun dalam suasana pandemi Covid-19, namum demikian tidak mengurangi sakralitas pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 Hijriyah di perumahan Bumi Permata Sudiang I yang berlangsung di Lapangan sepakbola Bumi Permata Sudiang yang letaknya persis dekat dengan Masjid Babussalam Bumi Permata Sudiang I. Kamis, 13 Mei 2021.

Salat Idul Fitri merupakan ritual shalat sunnah dua rakaat yang dilaksanakan umat Islam usai menjalani bulan puasa ramadan satu bulan lamanya. Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 H, Kamis, 13 Mei 2021 mulai pukul 07.00 waktu setempat.

Pelaksanaan sholat idul firi di Perumahan BPS I sendiri, khususnya di lingkungan Rukun Warga 010 yang dihuni dari 12 Rukun Tetangga, dari informasi melalui Ketua Kemakmuran Masjid Babussalam BPS. Perum BPS I mempunyai lebih kurang sebanyak 2.012 Kepala Keluarga dengan jumlah 5000 jiwa.

Kutbah Idul Fitri (dokpri/Subhan)
Kutbah Idul Fitri (dokpri/Subhan)
Sejauh mata memandang para jemaah berbondong-bondong meramaikan lapangan sepakbola perumahan BPS I untuk shalat Idul Fitri. Tanpa mengabaikan anjuran Pemerintah tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19 yakni mengenakan masker, mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir atau handsanitizer, menjaga jarak selama melaksanakan shalat Id.

Sebelum shalat idul fitri, panitia Masjid Babussalam BPS I membacakan tata cara pelaksanaan salat Idul Fitri sekaligus menyampaikan himbauan Walikota Makassar Mohammad Ramdan Pomanto atau Danny Pomanto, agar dalam pelaksanaannya selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Walikota Makassar menghimbau agar menjaga jarak, menghindari kerumunan, memakai masker serta mencuci tangan memakai sabun disetiap kesempatan.

Salat id di Lapangan BPS I (dokpri/Subhan)
Salat id di Lapangan BPS I (dokpri/Subhan)
Kata Danny Pomanto sebagaimana dibacakan panitia,  meskipun sudah menjalani vaksinasi tetap memperhatikan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

Terkait pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriyah ini Walikota Makassar Danny Pomanto menghimbau warga kota Makassar tetap memperhatikan prokes dalam momen lebaran di tengah pandemi Covid-19 ini.

Walikota Makassar kembali mengingatkan agar dalam pelaksanaan kegiatan salat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dilaksanakan ditempat terbuka (halaman masjid, lapangan RW atau ruas jalan di RW masing-masing) dengan menggunakan lapangan terbuka di wilayah masing-masing RW dan berkoordinasi dengan masjid yang terdekat dengan tetap menjaga jarak.

"Gunakan Ruas jalan yang luas dan terdekat dari masjid masing-masing wilayah RW," imbau Walikota Makassar.

Jamaah salat Id di Lapangan BPS (dokri/Subhan)
Jamaah salat Id di Lapangan BPS (dokri/Subhan)
Danny Pomanto juga menegaskan selama pelaksanaan ritual salat idul fitri dan menyimak ceramah tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dengan menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak) serta menyiapkan masker, handsinitizer dan juga thermogun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x