Subhan Riyadi
Subhan Riyadi Aparatur Sipil Negara

Stop! Rasialisme anti minoritas apa pun harus tak terjadi lagi di Indonesia. Sungguh suatu aib yang memalukan. Dalam lebih setengah abad dan ber-Pancasila, bisa terjadi kebiadaban ini kalau bukan karena hipokrisi pada kekuasaan (Pramoedya Ananta Toer).

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

BTP Futsal "Friendly League" 3, Kompetisi Syarat Prestasi

12 Januari 2018   07:14 Diperbarui: 12 Januari 2018   08:35 1991 2 1
BTP Futsal "Friendly League" 3, Kompetisi Syarat Prestasi
BTP Futsal Friendly League 3, Kompetisi Syarat Prestasi (sumber gambar: BTP Futsal)

Pihak pengelola olahraga populer di Makassar menamakan tempat tersebut BTP Futsal. Tujuan dari keberadaan lapangan Futsal di kompleks Perumahan Bumi Tamalanrea Permai (BTP) Kecamatan Tamalanrea Makassar untuk mewadahi kreativitas anak muda menyalurkan bakatnya pada cabang olahraga Futsal.

Bukan hanya tim-tim sekolah saja yang diperhatikan dan fasilitasi, tapi klub-klub Futsal luar sekolah mereka asah melalui kompetisi, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengembangan skill kawula muda. Karena itu dalam beberapa bulan sekali, pemilik BTP Futsal membuat format berlatih tanding bersama untuk tim-tim yang mau mengembangkan diri, dan ini telah berjalan sejak 2014.

Walaupun dalam format masih sangat sederhana, para penggiat Futsal menjadikan lokasi bernama BTP Futsal melampiaskan bakat Futsalnya, selain Futsal tempat terebut dimanfaatkan sebagai rekreasi warga sekitar Perumahan Bumi Tamalanrea Permai Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, sembari menyaksikan jalannya laga Futsal.

Kegiatan ini tentu lebih bermanfaat, ketimbang terjerumus dalam dunia hitam mabuk-mabukan, pakai Narkoba, lalu masuk penjara. Melihat perilaku seperti ini, dimana prestasinya coba?

Setelah pembinaan tentunya harus ada evaluasi, dan evaluasi terbaik adalah dari hasil pertandingan, dan pertandingan terbaik tentunya dalam format liga yang memberikan kesempatan  bertanding lebih banyak kepada putra-putri didik untuk berkompetisi dengan tim-tim lain.

BTP Futsal mencoba memfasilitasi Liga tersebut guna meningkatkan minat dan bakat usia muda. Dengan semangat serta kontribusi yang luar biasa dari para pelatih dan anak didik. Liga pelajar bertajuk BTP Futsal Friendly League 3 (BF2L) Periode Agustus-November 2017.

Kategori putera tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat, bahkan tak ketinggalan tim Futsal Putri difasilitasi untuk turut berlaga. Pesertanya bukan saja sekolah seputaran Kota Makassar, juga datang dari luar Makassar, adalah salah satu sekolah di Kabupaten Maros andil meramaikan laga persahabatan antar pelajar se-kota Makassar.

Dari hasil kompetisi tersebut melahirkan juara pada setiap kategori. Untuk Futsal putra juara 1 dari SMAN 22 Makassar, juara 2 SMAN 21 Makassar, juara 3 SMAN 10 Makassar. Sedangkan Futsal puteri, juara 1 dari SMAN 15 Makassar, juara 2 SMAN 3 Lau Kabupaten Maros.

arikah-5a57fdcecf01b459ff060392.jpg
arikah-5a57fdcecf01b459ff060392.jpg
Arikah-Top Score (dokpri/subhan)

Menelisik hasil diatas terbersit kebanggaan pada diri saya selaku orang tua. Pasalnya SMAN 15 Makassar selain menjuarai BTP Futsal Friendly League 3 (BF2L), tercatat putri saya sebagai top skor selam kompetisi berlangsung, dengan torehan koleksi 16 gol.

Sungguh diluar ekspektasi pemilik atau pengelola BTP Futsal akan kecintaan anak-anak muda terhadap olahraga futsal, dan sangat disayangkan apabila bakat mereka tidak diarahkan secara profesional. "Semoga saja kami tetap diberikan kelapangan untuk memfasilitasi pengembangan mereka."Harap pengelola terhadap pecinta Futsal

Selain usia dini,  pihak pengelola pun sedang merintis Futsal usia muda, saat sekarang telah berjalan 3 tahun, keterbatasan ilmu tidak menjadi penghalang, asal mau terus belajar, pasti akan indah pada waktunya.

Lebih baik bertindak sekali namun pasti, dari pada hanya koar-koar dan mengkhayal seribu nalar tanpa hasil. Ibarat pepatah "tong kosong nyaring bunyinya."

BTP Futsal akan berusaha terus menemukan formula terbaik dalam pembinaan futsal. Dari segi nilai mungkin tidaklah seberapa, tetapi ini merupakan kebanggan para penggiat Futsal bisa lakukan untuk Futsal dan Sepakbola, bukan hanya menyehatkan dan menghibur saja, disana juga ada orang tua dan anak-anak yang menggatungkan harapan dan kebanggaan di dalamnya.

Apapun niat baik anda, lakukan saja dulu, dan Semoga semua harapan baik terkabulkan. Aamiin.