Mohon tunggu...
Fathan Winarto
Fathan Winarto Mohon Tunggu... Penulis - History and Theology Story-Teller

Hobi Baca Sejarah, Terbuka Untuk Diskusi Masalah Agama, Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Universitas Al Azhar, Cairo.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pengantar

18 Januari 2020   15:24 Diperbarui: 18 Januari 2020   15:23 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cover | Dok. pribadi

Alhamdulillah bisa balik nulis lagi di Kompasiana setelah sebulan vakum. Ujian Azhar emang repot, harus fokus belajar biar bisa dapet hasil terbaik hehe.

Oke, since saya ini ga cuma Indonesian History Story Teller, tapi Islamic Theology Story Teller juga, jadi mau deh bikin beberapa artikel ngomongin islam.

Artikel dengan rubrik "Ngomongin Islam" kedepannya bakal bahas Islam secara sederhana tapi dengan materi yang berbobot. Tujuan nya, tentu selain mendapat Ridho Allah, saya berharap agar yang belum kenal Islam Jadi kenal, dan yang udah tau Islam bisa lebih bangga dengan keislamannya. 

Pembahasan saya akan berkutat di masalah Ushuluddin, atau Teologi aja, ya karena saya mahasiswa Fakultas Teologi hehe.

Nah, terus apa aja yang bakal saya bahas dan ga saya bahas? Saya bakal bahas seputar Al-Quran, Hadits Nabi, Aqidah, dan hal hal disekitarnya. Dan saya ga bakal bahas soal hukum hukum fiqih, ikhtilaf, mazhab mazhab, karena itu diluar spesialisasi saya.

Ketika saya bahas Al-Quran, saya ga bahas tafsir nya, mungkin saya cuma memberi Tadabbur atas ayat yang akan saya berikan. Apa bedanya Tafsir dan Tadabbur?

Kalo Tafsir, kita berusaha mengetahui maksud Allah yang terkandung dalam sebuah ayat. Arinya, kita menerjemahkan gaya bahasa Tuhan kedalam gaya bahasa Manusia. 

Nah kalo Tadabbur cuma memberi kesan yang dirasakan penulis ketika membaca ayat itu.  Saya tetep bersandar pada tafsir yang udah dibikin sama para ulama, yang saya lakuin cuma menghayati sebuah ayat Al Quran untuk bisa di cocokan dan di terapkan secara riil di kehidupan nyata. 

Saya juga bakal membahas anggapan anggapan salah seputar sumber agama Islam itu sendiri. Sehingga kita semua bisa lebih objektif dalam menilai agama Islam, dan bisa lebih bijak dan adil ketika menyikapi sebuah kejadian.

Ini artikel pembuka gitu, pemanasan lah saya abis kelar ujian mau mulai aktif nulis lagi hehe. Oke, sampe ketemu di artikel artikel selanjutnya!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun