Mohon tunggu...
Andi Ikhbal
Andi Ikhbal Mohon Tunggu... -

Hanya pion catur yang berharap menjadi queen.

Selanjutnya

Tutup

Money

Andai Potensi Indonesia Dioptimalkan

22 Februari 2017   15:59 Diperbarui: 22 Februari 2017   16:46 286 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KALAU diminta pilih kewarganegaraan, anda mau menjadi warga negara mana? Silahkan jawab di kolom komentar ya, hehe.

Ada yang bilang negara ini terancam bangkrut. Ada yang bilang perekonomiannya sudah mulai membaik. Lalu mana yang betul? Indonesia adalah negara yang kaya. Negara kita adalah negara maritim, dan akan menjadi poros maritim dunia. Saya optimis.

Lihat saja potensi industri maritim kita. Luas lautnya kurang lebih 5,8 juta kilometer. Memiliki 177.504 pulau-pulau dengan garis pantai 95.181 kilometer sehingga pantas kalau dikatakan Indonesia ini adalah negara maritim, didukung dengan sektor agraris.

Potensi pertanian Indonesia juga tak kalah penting, bahkan menduduki peringkat 10 dunia. Komoditas kepala sawit, karet dan kopi dijajaran nomo satu, dua dan tiga. Pun, rempah-rempah hasil produksi kita, untuk komoditas pala, cengkeh dan lada menempati peringkat satu dunia.

Dari sektor parawisata potensinya dapat dilihat dari kontribusi sebesar 10 persen Pendapatn Domestik Bruto (PDB) yang tertinggi di ASEAN pada 2015. Kemudian, peringkat ke-4 penyumbang devisa nasional, sebesar 93 persen, serta pertumbuhan penerimaan devisa tertinggi 13 persen.

Potensi negara ini besar, kan? Andai potensi-potensi ini dioptimalkan 100 persen, anda mau jadi warga negara mana?

Indonesia merupakan bangsa besar dengan potensinya yang juga besar. Namun belum diberdayakan secara optimal. Indonesia saat ini masing mengandalkan bahan baku terutama untuk ekspor, masih sedikit industri yang melakukan inovasi dalam rangka peningkatan nilai tambah produk.

Dengan kondisi sekarang saja, bisa dibilang ‘so far so good’ pasti banyak orang yang bangga menjadi warga negara Indonesia, apalagi kalau negeri nan kaya ini memaksimalkan sumber dayanya.

"Potensi yang besar ini serta-merta harus didukung dengan sistem tranportasi yang andal seperti pengadaan transportasi laut yang terstandarisasi, pembangunan kapal dan pemeliharaan, pelabuhan barang, pembangunan tol laut guna penyerataan harga komoditas," kata Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

Selain itu pungli di pelabuhan harus dihilangkan, konektivitas sistem transportasi, Transit Oriented Development untuk kemudahan akses turis serta perubahan paradigma distribusi dari darat ke laut, tambah dia dalam seminar nasional yang digelar KEIN dengan Universitas Diponegoro, di Semarang, Jawa tengah, Rabu (22/2).

KEIN adalah Komite Ekonomi dan Industri Nasional. Ini adalah lembaga khusus yang dibentuk dengan payung hukum Peraturan Presiden No.8 tahun 2016. Dimana esensinya untuk menunjang keberhasilan Kabinet Kerja dalam tentukan kebijakan ekonomi dan industri nasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan