Mohon tunggu...
Pical Gadi
Pical Gadi Mohon Tunggu... Administrasi - Karyawan Swasta

Lebih sering mengisi kanal fiksi | People Empowerment Activist | Phlegmatis-Damai| twitter: @picalg | picalg.blogspot.com | planet-fiksi.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Ice Punya Sejarah

2 September 2018   21:00 Diperbarui: 2 September 2018   21:11 511
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
gambar dari http://majalahkartini.co.id

"Nah, kalau PR-nya itu memang gampang... Sini duduk sini. Bapak cerita ya, nanti kamu tulis kembali."

Ice pun mendekat dan duduk di sisi bapaknya. Bapak lalu mulai bercerita.

Saat Ibu Ice hamil tua. Mereka datang ke kota dan tinggal di rumah saudara agar saat persalinan nanti bisa ditangani oleh bidan kota yang lebih professional. Dan waktunya pun tiba. Proses persalinan berjalan lancar karena posisi bayi Ice normal, keadaan fisik ibu baik dan logistik persalinan siap sedia.

Hanya ada "sedikit" masalah karena ternyata yang lahir adalah bayi perempuan. Padahal menurut penerawangan orang tua di desa, anak kedua mereka ini akan berjenis kelamin laki-laki. Mereka pun tidak memiliki persiapan nama perempuan untuk bayi mereka.

Tapi nama harus ditemukan sebelum sanak keluarga berkunjung dan menanyakan. Jadi setelah bayi mungil dimandikan dan didekatkan dengan ibunya lagi, bapak pamit untuk mencari ilham dengan berkeliling areal rumah sakit. Bapak pun menelusuri koridor demi koridor, lantai demi lantai sampai perutnya keroncongan dan mampir sebentar di kantin rumah sakit. Saat itulah dia tiba-tiba menemukan inspirasi, seperti Isaac Newton yang menemukan hukum gravitasi. Dia pun berlari girang kembali ke kamar persalinan.

"Ada apa toh, Pak? Sampai ngos-ngosan begitu?" tanya Ibu begitu bapak muncul tiba-tiba.


"Sudah ketemu, Bu, nama anak kita," ujar Bapak setelah menenangkan kembali irama napasnya.

Mata ibu berbinar-binar, "Siapa, Pak?"

"Ice... Ice Cincau! Nanti nama terakhirnya pakai nama almarhum bapak kamu saja. Jadi nama lengkapnya, Ice Cincau Waluyo... Bagaimana?"

Ibu nampak senang, "Wah, bagus, Pak. Nama yang cantik, secantik anak kita, Pak..."

Dan akhirnya nama itu pun terpatri pada diri Ice hingga hari ini. Mendengar cerita yang mengharukan itu, Ice mengangguk-angguk penuh semangat.

---

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun