Mohon tunggu...
petra carmelita
petra carmelita Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hindari Konflik dengan Mempelajari Komunikasi Antar Budaya

12 September 2020   14:32 Diperbarui: 13 September 2020   21:23 79 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hindari Konflik dengan Mempelajari Komunikasi Antar Budaya
twitter.com/Koreaboo

Pernahkah kalian menjumpai orang yang memiliki budaya yang berbeda? pastinya pernah, apalagi jika kalian tinggal di Indonesia yang memiliki keragaman budaya yang sangat kaya. 

Mulai dari tetangga, teman sepergaulan, kenalan, guru, atau sekadar orang yang kita jumpai di jalan pasti ada yang memiliki kebudayaan yang berbeda. Ditambah lagi dengan kecanggihan teknologi yang memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh dari kita, yang budaya dan bahasa nya berbeda dari yang kita gunakan dalam sehari-hari. 

Salah satu tempat nya adalah media sosial, ketika kita membuka kolom komentar dari media sosial tokoh idola kita,  dapat ditemukan orang dari berbagai negara dengan bahasanya masing-masing memberikan komentar dukungan seperti yang kita lakukan. Bertemu dengan orang yang berbeda budaya tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari, walaupun dalam bentuk sekecil apapun.

Dalam ranah komunikasi, ada yang dinamakan komunikasi antar budaya. Sebelumnya, mari kita ketahui apa pengertian masing-masing dari komunikasi dan budaya. 

Menurut Berelson dan Steiner (dalam Mulyana, 2017:68) Komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik, dan sebagainya.

Pengertian budaya menurut Stewart (dalam Sambas, 2016: 14) yaitu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang, yang diwariskan dari generasi ke generasi.  

Dapat disimpulkan bahwa komunikasi antar budaya adalah interaksi antarpribadi dan komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda. Liliweri (dalam Muchtar, 2003, hal.113).

Setelah mengatahui pengertian dari komunikasi dan budaya, mari masuk ke topik mengapa komunikasi antar budaya sangat penting untuk dipelajari. Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, bahwa kemungkinannya sangat kecil untuk kita tidak bertemu dengan orang yang kebudayaan nya berbeda. 

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui asal usul dan kebudayaan mereka. Kita tidak bisa langsung mengambil kesimpulan ketika melihat orang lain berperilaku berbeda dari yang kita biasa lakukan, karena bisa saja hal yang mereka lakukan itu normal dan merupakan budaya mereka. Kita pasti akan menemukan perbedaan seperti ini dalam kehidupan sehari-hari.

Belum lama ini, terdapat perselisihan di media sosial Twitter yang membahas mengenai salah satu influencer asal Filipina yang memiliki tato bergambar bendera matahari terbit milik Jepang pada masa penjajahan. Sontak masyarakat yang melihat video tersebut, terutama mereka yang berasal dari Korea merasa marah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x