Mohon tunggu...
Prodi Peternakan USU
Prodi Peternakan USU Mohon Tunggu... Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara

Berita dan kabar seputar program studi peternakan fakultas pertanian USU

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tumbuh Kembangkan Mental Mahasiswa Berwirausaha, Prodi Peternakan FP USU Gelar Kuliah Umum

14 Maret 2020   18:11 Diperbarui: 14 Maret 2020   18:30 14 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tumbuh Kembangkan Mental Mahasiswa Berwirausaha, Prodi Peternakan FP USU Gelar Kuliah Umum
Foto: Prodi Peternakan FP USU

Mental berwirausaha mahasiswa menjadi hal yang dapat ditumbuhkembangkan.  Kampus Merdeka yang merupakan program teranyar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat menjadi faktor pendorong hal tersebut, karena salah tujuannya yaitu memberikan kesempatan untuk mahasiswa  yang memiliki minat wirausaha dalam mengembangkan usahanya secara lebih leluasa.  


Untuk mendukung kebijakan tersebut, USU melalui Program Studi Peternakan  mengundang Dr.Ir.Budi Rahayu Tanama Putri S.Pt.,MM, IPM, ASEAN.Eng yang merupakan dosen Kewirausahaan dari Fakultas Peternakan Universitas Udayana Bali untuk menjadi pemateri kuliah umum dengan Tema " Strategi Menumbuhkembangkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Pada Era Kampus Merdeka"  pada Jumat (13/3)

Foto: Prodi Peternakan FP USU
Foto: Prodi Peternakan FP USU
Wanita yang juga staf kementerian Pertanian Timor Leste ini menuturkan tentang pentingnya menimbulkan jiwa berwirausaha bagi kalangan mahasiswa ditengah kondisi mahasiswa yang mulai lupa akan pentingnya peran mental berwirausaha.
"Ketika anda mencoba sesuatu hal, maka peluang anda gagal dan berhasil adalah 50%.Tetapi jika anda tidak mencoba, maka peluang anda adalah 0%. Mahasiswa sekarang wajib punya mental berwirausaha,karena itu merupakan salah satu aspek terpenting bagi mahasiswa,khususnya mahasiswa peternakan agar bisa sukses berwirausaha dan berbisnis dibidang peternakan".

Acara ini dihadiri oleh  Dekan Fakultas Pertanian USU Prof. Dr. Ir.  Hasanuddin, MS dan juga Ketua Program Studi Peternakan Prof. Dr. Ir. Hasnudi, MS, Sekretaris Prodi Ir. R. Edhy Mirwandhono, M.Si beserta staf pengajar prodi Peternakan. Ratusan mahasiswa peternakan dari berbagai angkatan dan alumni prodi peternakan USU pun turut antusias dalam kuliah umum tersebut.

Foto: Prodi Peternakan FP USU
Foto: Prodi Peternakan FP USU
Prof Hasnudi mengatakan melalui konsep Kampus Merdeka ini , diharapkan mahasiswa dapat memilih minatnya sendiri dan memilih mata kuliah yang diinginkannya. Karena mahasiswa dibebaskan sebanyak 40 sks untuk memilih dimana ia kuliah dan mengambil ilmu. Dan tentunya ini menjadi kesempatan besar mahasiswa untuk menambah relasi dan jiwa berkewirausahaan.

Menurut Ketua Ikatan Mahasiswa Peternakan USU, Syahrul Anwar (21) yang juga selaku peserta Kuliah Umum  mengatakan pemaparan materi tentang wirausaha di era kampus merdeka sangat memberikan gambaran secara jelas untuk mahasiswa. " Peran mahasiswa saat ini dibutuhkan dalam sektor kewirausahaan di era kampus merdeka yang akan mendatang" ujarnya. 

Foto: Prodi Peternakan FP USU
Foto: Prodi Peternakan FP USU
Dengan adanya kuliah umum ini, ia mengaku juga memotivasi dan menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa peternakan USU. Ini karena peternakan merupakan sektor yang paling banyak untuk dikembangkan sebagai produk-produk kewirausahaan yang bernilai jual tinggi.

VIDEO PILIHAN