Mohon tunggu...
Yudha Adi Putra
Yudha Adi Putra Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Tidak Pernah Mati

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Mempertimbangkan Sebuah Transformasi Kritis

4 November 2022   17:00 Diperbarui: 4 November 2022   17:01 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Mempertimbangkan Sebuah Transformasi Kritis

Yudha Adi Putra

Pemelihara Burung Prenjak

Essay Competition

Tema : Menyongsong Pemilu 2024 : Bagaimana Partai Politik Harus Bertransformasi ?

Jika mahasiswa membicarakan partai politik, sesungguhnya ada bentuk kepedulian dalam dinamika pergerakan mahasiswa. Partai politik menjadi ruang aspirasi dan sebuah dinamika pembelajaran dimana banyak kepentingan dibahas. 

Sejatinya merupakan tindak lanjut atas apa yang terjadi dalam realita hidup sehari-hari, termasuk dalam ranah pergerakan mahasiswa. Sebuah partai politik memiliki peran strategis dalam transformasi sosial dengan dukungan daya kritis mahasiswa. 

Namun, meski daya kritis mahasiswa menjadi penting, nyatanya kehidupan pergerakan mahasiswa sering tidak menunjukkan kekritisan tersebut. Mereka merasa nyaman dalam perkumpulan komunitas, hal ini mungkin bisa juga terjadi dalam ranah partai politik.

 Barangkali kepentingan bersama mudah hilang ketika sudah berada dalam partai politik. Memang kemunculan untuk berpolitik praktis menjadi nyata dan transformasi akan realita kehidupan masyarakat harus tetap menjadi prioritas. 

Seharusnya mahasiswa memberikan daya kritis dan pertimbangan dalam transformasi partai politik, terutama dalam melihat serta merefleksikan isu-isu strategis. Transformasi partai politik merupakan kebutuhan dasar dalam dinamika demokrasi.

Karena itulah, menjadi menarik untuk melihat transformasi partai politik berkaitan dengan daya kritis mahasiswa. Awalnya, dalam ranah tertentu mahasiswa memiliki peran strategis untuk mendukung transformasi partai politik. Tentu dalam rangka memberikan rekomendasi serta unsur generasi muda untuk memperlihatkan pandangan mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun