Mohon tunggu...
Yudha Adi Putra
Yudha Adi Putra Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Tidak Pernah Mati

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Generasi Milenial dan Pendidikan Integritas

2 November 2022   14:23 Diperbarui: 2 November 2022   14:28 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Generasi Milenial dan Pendidikan Integritas

Yudha Adi Putra

Ketua BEM Fakultas Teologi UKDW

Duta Bahasa 2019

Penulis Esai, Puisi, dan Cerpen

Menjadi generasi milenial dengan integritas tidak terjadi dengan mengucapkan komitmen-komitmen di dalam proses pendidikan atau deklarasi di media sosial, melainkan dalam tindakan. 

Generasi milenial berintegritas tidak hanya dimunculkan dalam prestasi serta keberhasilan dengan maksud serta kehendak baik, integritas tidak hanya soal penghayatan secara individual, melainkan memiliki implikasi pada keterlibatan sosial. 

Hidup berintegritas dengan refleksi memiliki pengalaman yang mendalam, terlibat secara pribadi, sekaligus memberikan daya ubah bagi kehidupan di sekitar supaya lebih sejahtera. Integritas mendorong generasi milenial menjadi manusiawi dan membawa kemerdekaan bagi mereka yang ditindas. 

Integritas dalam pendidikan generasi milenial merupakan refleksi hidup antara pengalaman dan tujuan menjadi diri sendiri secara otentik. Ada kehadiran serta keterlibatan dalam menjadi berintegritas bagi generasi milenial. 

Integritas memberikan kontribusi daya juang dalam kehidupan sosial yang berdampak dalam ranah kehidupan bersama. Dalam pendidikan generasi milenial, tentu memerlukan pendidikan integritas. Integritas memperlihatkan banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan diri sebagai generasi pembawa perubahan. 

Analisis personal berdasarkan realita dan pengalaman hidup diperlukan dalam proses pembelajaran pendidikan integritas. Perencanaan berserta evaluasi terhadap tindakan generasi milenial perlu terbuka untuk proses pengembangan integritas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun