Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu. (KBC-01)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ulama Itu Memandang Umat dengan Kasih Sayang

14 April 2021   18:19 Diperbarui: 14 April 2021   18:23 73 10 2 Mohon Tunggu...

Orang alim itu harus sabar, hati-hati dalam melakukan tindakan dan perbuatan, dan kalau memandang umat dengan kasih sayang, tidak sombong, tidak acuh tak acuh dan selalu tawadhu. 

Demikian disampaikan oleh KH. Subhan Makmun pada pengajian Kitab Bidayatul Hidayah di Ponpes Assalafiyah Luwungragi Brebes. Rabu (14/04/2021).

Lanjut Kyai Subhan, ulama ya harus mengamalkan ilmunya, dan tidak boleh merasa ilmunya tinggi, bahkan orang alim itu tidak diperkenankan mengucapkan takbir tanpa alasan, kecuali kalau ada orang disekitat kita dholim, maka boleh dicegah dengan mengucapkan takbir. 

Ulama itu bukan raja, sehingga mereka yang ulama juga harus mempunyai adab atau tata krama baik dalam bergaul maupun tindakan. Sering guyonan bagi para ulama juga harus dihindari, termasuk jika ada orang yang tanya tidak jelas atau takut dengan kyaine maka di dekatkan, kemudian baru kyai ngucap dengan dekat barangkali orangnya malu jika ucapannya di dengar orang banyak. 

VIDEO PILIHAN