Mohon tunggu...
bahrul ulum
bahrul ulum Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes Jawa Tengah

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Rujak Serut Cukup Rp 6 Ribu

9 Desember 2019   19:27 Diperbarui: 9 Desember 2019   20:27 34 1 0 Mohon Tunggu...
Rujak Serut Cukup Rp 6 Ribu
Rujak Serut Banjarharjo (Dokpri)

Rujak serut, itu rujak yang buah yang diserut, ditaruh di gelas plastik, dan bisa langsung dinikmati dengan rasa pedas, gurih, dan ada sensasi terasi yang bikin lidah yang menikmatinya ingin tambah atau pesen untuk dibawa ke rumah. 

Rujak serut terdiri dari buah belimbing, jambu, bengkuang, ketela, wortel, pisang klutuk mentah, nanas, setiap buah yang mau dinikmati atau diserut terlebih dahulu di cuci bersih, lalu dikupas oleh penjualnua dan kemudian diserut dengan alat serut. 

Bumbu yang disediakan adalah gula merah secukupnya, lombok tengis mentah, terasi, kacang goreng, air matang yang sudah di kasih asam, lalu digerus dengan ulegan batu, dengan gerusan kanan dan kiri akhirnya bumbunya sudah lembut, lalu buah diserut diatas bumbu tersebut. 

Dibolak balik serutan buahnya dengan bumbunya, semakin lama semakin bercampur semua bumbunya, lalu di masukan ke dalam gelas plastik dan bida dinikmati langsung. 

Lidah siapapun tampak mau mengeluarkan air liur, padahal rujak serutnya belum dinikmati, baru dilihat saja ingin rasanya segera dinikmati, saat rujak sudah menempel di lidah, sensasi yang membikin kita mak nyus..ada banyak rasa yang bisa dirasakan, disamping nikmat buah segarnya, juga bumbunya terasa binget. 

Cukup Rp 6 ribu lho, anda cukup datang ke lokasi ini di depan Polsek Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Kios rujak serut dibuka mulai jam 09.30 wib dan tutup pada jam 17.00 wib. Kurang lebih satu hari antara 50 gelas plastik hingga 70 gelas plastik, terkadang sebelum jam 5 sore sudah habis, kalau belum rejeki ya tidak habis. 

Bila buahnya tidak habis, maka dibawa pulang, ditaruh ke kulkas dan besok harinya bisa dijual kembali. Sudah banyak pelanggan rujak serut, wajar saja penjual rujak serut selalu tersenyum, sebagai tanda rejeki tak tertukar. 

Salah satu pelanggan dari pasarbatang Rumono Aswad dikenal pak dhe rum, setiap datang ke banjarharjo, untuk menyempatkan beli rujak serut. 

" Terasinya sangat terasa, pedesnya juga terasa dan seger buahnya terasa di lidah, tidak rugi bolak balik beli rujak serut, selain enak juga kaya gizi," pungkasnya. Senin (9/12/2019). 

Bagi warga Brebes ga rugi jika menyempatkan waktunya untuk datang dan rasakan sensasi yang berbeda. Rujak Serut selain murah juga mantap. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x