bahrul ulum
bahrul ulum Kompasianer Brebes

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Indonesia Surganya Ketok Magic

13 Maret 2018   17:21 Diperbarui: 13 Maret 2018   18:51 4597 0 0
Indonesia Surganya Ketok Magic
Ketok Magic Mobil/Doc ketokmagicpamulang.wordpres.com

Siapa yang tidak kenal ketok magic, datang mobil rusak, saat diambil sudah mulus lagi kaya baru kondisi mobilnya. Begitu ahlinya para pekerja ketok magic, bukan sulap bukan sihir, tapi lewat ketekunan, dan keuleran disertai ketrampilan ketelitian tangan merekalah mobil bodol bisa jadi bernilai lagi. 

Perbaikan mobil jika dilakukan di bengkel resmi sangatlah mahal, mereka sudah ada tarif yang tertera untuk perbaikan kerusakan, dari tingkat ringan, sedang hingga berat. Jika mobilnya pengok atau penyok bisa saja sekelas inova baru nyampai Rp 23 juta, harus ganti ini dan itulah, namun memang berbeda hasilnya dan ada garanso 6 bulan atas service yang dilakukan. 

Bagi mereka yang memiliki ketok magic, sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok, cuma beda harga dan juga beda hasilnya, namun karena bengkel ketok magic yang dari usaha kecil-kecilan karena tanpa pajak atas perbaikan sehingga menjadi murah dan tentunya hasilnya beda tipis dengan sekelas bengkel resmi cat dan perbaikan kerusakan. 

Misalkan perbaikan cat karena tergores paku atau karena saat mengendarai mobil parkir terus tergores bemper mobilnya sehingga perlu di masukan ke bengkel ketok magic. Mereka yang datang rata-rata para jada perantara mobil (maklar) mobil, dengan membeli mobil bekas yang murah, lalu dimodali ke bengkel ketok magic langganan mereka bisa sedikit menarik dan berharga saat dijual, keuntungan Rp 3 juta hingga Rp 10 juta kadang didapatkan. 

Bagi mereka yang punya mobil baru rata-rata takut jika mobil barunya diserahkan ke bengkel biasa, khawatir antara cat aslo mobil dengan cat yang diperbaiki hasilnya tidak memuaskan, makanya asuransi mobil menjadi pilihan mereka, saat mobilnya tergores atau tabrakan, maka cukup dengan membayar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu untuk biaya administrasi di dhealer resmi dan asuransinya menjadi ringan, bayanhkan jika mereka harus mengganti biaya service mobil yang penyok akibat benturan benda keras. 

Rata-rata perusahaan swasta mengasuransikan mobil barunya, bahkan bagi warga jakarta lebih nyaman membayar asuransi mobil barunya dibandingkan tanpa mengasuransikan mobilnya, mereka tahu dengan tingkat kepadatan lalu lintas di jalan raya, beresiko mobilnya berbenturan.

Ketok magic tradisional maupun dari dhealer resmi hampir ada di semua daerah, makanya wajar jika di Indonesia bisnis ketok magic menjadi surga bagi pebisnis ketok magic? 

Di luar negeri mungkin tidak seperti di Indonesia, contoh yang ada di saudi arabia, mobil bagus-bagus dibiarkan penyok dan tidak diservice kembali. 

Penulis melihat langsung saat berada di mekah, jeddah dan madinah, mobil eropa atau mobil baru yang penyok karena benturan antara mobil satu dengan mobil lainnya, dibiarkan saja tanpa di bawa ke ketok magic, mungkin keahlian warga saudi tidak punya, sehingga jika mobilnya rusak dibiarkan saja, lebih baik diganti yang baru. 

Bersyukurlah kita punya banyak tangan-tangan kreatif sebagai kelebihan masyarakat kita ini, mobil bekas yang rusak saja lewat tangan mereka bisa berubah menjadi mobil yang baru bahkan bisa dimodifikasi sesuai dengan tren yang ada.