bahrul ulum
bahrul ulum Kompasianer Brebes

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

"Pres Velg Racing" Laris Jika Jalan Rusak

4 Maret 2018   12:11 Diperbarui: 4 Maret 2018   13:22 3714 0 0
"Pres Velg Racing" Laris Jika Jalan Rusak
Jasa Pres Velg Racing/Doc Youtube.com

Musim hujan sekarang ini, mungkin hal yang wajar bila kondisi jalannya banyak berlubang, baik di jalan nasional, provinsi maupun Kabupaten. Seseorang pengendara harus  ekstra hati-hati, pasalnya pengguna kendaraan bermotor sangat memungkinkan "velg racing" atau velg biasa yang pakai jeruji mengalami kerusakan, bisa terjadi penyok atau kadang karena benturannya cukup keras, pelek riskan peyang, penyok, atau bahkan retak dan pecah. 

Jika sudah begini, dan kebetulan kantong kosong, maka solusinya menyervis tentunya. Banyak toko pelek dan ban yang menyediakan jasa ini, tapi yang spesialis bisa dihitung dengan jari. 

Kalau pelek peyang, apa harus beli baru? Tentunya harus dicek dulu nih. Jika motor anda itu pakai Pelek standar Motor Honda biasanya punya kualitas yang lebih kuat dibandingkan dengan pelek aftermarket. Ketika terkena hantaman, tentunya tidak langsung pecah. Yang sering terjadi sih, sedikit penyok atau istilahnya "somplak". Solusinya? Tinggal ganti saja jari-jari yang bermasalah, tapi tetap harus ke bengkel atau service velg tentunya. 

Kalau dikerjakan sendiri, sangat sulit, karena service velg itu tidak bisa dilakukan oleh semua orang, harus teliti, ketepatan melakukan stel velgnya, jika velg dalam kondisi penyok, mestinya harus di service sedikit lama agar pelek pun kembali normal.

Di Kabupaten Brebes banyak jasa service velg yang bisa direkomendasikan bagi anda, di Desa Banjaranyar Kecamatan Brebes selatan rel kereta api, ada stel velg rising yang cukup trampil dan memiliki alat yang lumayan canggih, anda bisa datang ke sana, dan jangan lupa bawa sedikit rupiah untuk membayar jasa service velgr racing dan juga velg biasa. 

Di Desa Pesantunan Kecamatan Wanasari pun anda bisa menggunakan jasa stel velg rising dan velg biasa. Harus bersabar jika velg anda mengalami kerusakan, karena mengerjakan stel velg jika dilakukan sendiri, juga butuh penantian beberapa jam agar velg sedikit normal, kalau kembali ke setelen pabrik mungkin kurang bisa, namun untuk mendekati normal mereka bisa lakukan. 

Stel velg biasa lebih murah dibandingkan dengan stel velg racing, alasannya adalah tingkat kemudahan dalam memperbaikinya, kalau stel velg biasa yang ada rujinya, tidak menggunakan tenaga listrik, atau tenaga hydrolik, cukup alat yang ada digambar ini saja biasa dilakukan oleh ahli velg dan stel yang model ini banyak yang bisa, bahkan tersebar dibeberapa kampung desa, hanya selera pengguna jalan saja yang mau memilih tingkat kecocokan stel velg biasa. Harga pun relatif murah tidak mencapai ratusan ribu, kalau terlalu mahal, nanti jarang ada yang datang lagi. 

Alat stel velg biasa/doc motorgokil.com
Alat stel velg biasa/doc motorgokil.com
Untuk velg jari-jari, stel velg biasanya dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan memutar rim, untuk mengetahui keolengannya, kemudian mengendurkan dan mengencangkan jari-jari. Atau dengan cara yang lebih modern dengan menggunakan mesin pres kemudian jari-jari di-stel ulang, sampai center. 

Bagi anda yang memiliki motor velg rising, anda harus ekstra hati-hati, karena disamping mahalnya service velg rising, disesuaikan dengan harga motor tentunya, menjadikan jasa service ini menghitung ongkosnya, alasan sedikit mahal karena menggunakan alat yang sedikit canggih, modalnya cukup besar sekaligus butuh ketelitian, walaupun tidak di palu dalam perbaikan, tapi pekerja velg pres ini harus teliti, di amati seksama, dan dibandingkan dengan kalibrator, butuh sentuhan sensitif dan tingkat ketelitian yang tinggi. 

Berbeda dengan kendaraan roda empat, untuk perbaikan velg rising cukup mudah, anda tinggal datang ke bengkel velg rising, disana sudah ada alat pengecekan balancing sporing dengan teknologi modern, antara memperbaiki balancing sporing manual dengan mekanis disertai ada sensor kamera jelas sangat berbeda. 

Saran penulis adalah, untuk check balancing sporing datanglah ke jasa service yang jangan manual, cari info jasa service balancing sporing yang murah dan teliti, sangat bagus jika ada alat sensor ban dengan program komputerisasi. 

Semoga velg mobil dan motor anda semakin nyaman dalam melaju di jalan raya. Selamat mengendarai motor dan mobil anda dengan hati-hati dan selalu waspada, karena kecelakaan bisa terjadi dimanapun saat anda menggunakan kendaraan.