bahrul ulum
bahrul ulum Kompasianer Brebes

" Apa yang ditulis akan abadi, apa yang akan dihafal akan terlepas, ilmu adalah buruan, pengikatnya adalah tulisan, ikatlah dengan kuat buruan mu itu "

Selanjutnya

Tutup

Regional

Penanganan Banjir, TNI/Polri serta Warga Keruk Enceng Gondok

14 Februari 2018   08:44 Diperbarui: 14 Februari 2018   08:49 608 0 0
Penanganan Banjir, TNI/Polri serta Warga Keruk Enceng Gondok
Pembersihan Enceng Gondok/Doc AAN

Brebes -- Dianggap enceng gondok salah satu penyebab air tidak cepat ke laut, maka TNI/Polri beserta warga melakukan kerja bakti untuk normalisasi aliran air sungai dari Enceng Gondok yang menyumbat gorong-gorong Sungai Sigelang Desa Limbangan Kecamatan Brebes. Kegiatan ini adalah salah satu upaya yang dilakukan dalam menangani bencana banjir dihari yang kedua. Selasa (13/2/2018) kemarin. 

Upaya dalam menghantarkan air sungai luapan Sungai Pemali menuju ke muara pesisir Randusanga Kecamatan Brebes, awalnya anggota Kodim 0713/Brebes dan Polres Brebes menggangkat enceng gondok di aliran Sungai Sigeleng secara manual dengan bergotong-royong dibantu oleh 35 orang warga Limbangan. Namun dengan hanya mengandalkan tenaga manusia saja bahkan dengan peralatan seadanya, hanya sedikit enceng gondok yang terangkat, jika menyeburkan diri langsung ke sungai untuk mengangkat sangat membahayakan jiwa dikarenakan derasnya arus luapan banjir dari Sungai Pemali di Sungai Sigeleng.

Untuk mempercepat pembersihan enceng gondok, 1 Unit alsintan Excavator PC45 dan operatornya, Serka Tarsono, Bintara Angkutan Kodim 0713/Brebes dikerahkan untuk mengangkat enceng gondok tersebut dari derasnya arus Sigeleng. Ber ton-ton enceng gondok berhasil diangkat dari saluran air dan gorong-gorong kemudian dianggkut menggunakan sejumlah truk dari Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup, Dinas PU Kabupaten Brebes dan milik masyarakat umum yang peduli dengan musibah ini.  

Kondisi Enceng Gondok disungai Sigeleng/doc AAN
Kondisi Enceng Gondok disungai Sigeleng/doc AAN
Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodim 0713/Brebes Letkol Inf. Ahmad Hadi Hariono dan Kapolres Brebes AKBP Sugiharto, memimpin langsung dilokasi pengerukan. Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE,MH juga berkesempatan hadir menyaksikan pengerukan utnuk memberikan dorongan semangat kepada para relawan. Setelah 10 kali truk dengan muatan penuh, bolak-balik mengangkut enceng gondok yang menyumbat gorong-gorong tersebut membuang di TPA, kini aliran sungai sigeleng menjadi lancar.

Kegiatan akan dilanjutkan kembali keesokan harinya, sebab hingga malam ini masih ada eceng gondok yang masuk dan menyumbat gorong-gorong Sigeleng tersebut, sehingga upaya penyurutan air yang menggenang khususnya pemukiman warga di Kecamatan Brebes Kota segera terealisasi. (Aan editor BU).