Mohon tunggu...
Pebrianov
Pebrianov Mohon Tunggu... Pembaca yang khusyuk dan penulis picisan. Dulu bercita-cita jadi Spiderman, tapi tak dibolehkan emak

Bersukarialah dengan huruf, kata dan kalimat. Namun jangan ambil yang jadi milik Tuhan, dan berikanlah yang jadi hak kaisar.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Contoh Hidup Sederhana Polri Harus Dimulai dari Perwira Polisi

22 November 2019   14:41 Diperbarui: 22 November 2019   18:45 466 14 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Contoh Hidup Sederhana Polri Harus Dimulai dari Perwira Polisi
sumber gambar ; liputan6.com

Apa salahnya bila seorang polisi bergaya hidup mewah? Memiliki kekayaan berlimpah adalah hak setiap orang. Dengan kekayaannya, orang bisa bergaya hidup mewah.

 

Kapolri Jenderal Idham Aziz menghimbau agar seluruh anggota Polri tidak bergaya hidup mewah. Larangan pamer kemewahan bagi anggota Polri dan keluarganya tercantum dalam Surat Telegram Nomor ST/30/XI/HUM.3.4/2019/DIVIPROPAM tertanggal 15 November 2019, yang berisikan tentang peraturan disiplin anggota Polri, kode etik profesi Polri, dan kepemilikan barang mewah oleh pegawai negeri di Polri. 

Surat itu juga  menyebutkan jajaran kepolisian diminta bersikap sederhana agar bisa mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bersih.

Himbauan tersebut  perlu diapresiasi dan didukung masyarakat luas.  Dengan mata dan hatinya, masyarakat berperan menjadi polisi terhadap keluarga Polisi yang doyan bergaya hidup mewah.

Bukan rahasia lagi bahwa banyak anggota kepolisian khususnya di level perwira keatas hidupnya sangat makmur. Mereka memiliki harta berlimpah ; rumah bagus, kendaraan motor dan mobil mahal, tanah, ruko, kebun, tabungan, dan lain-lain. 

Dilingkungan sosial anak dan istrinya menampilkan style orang berada--dan berkuasa. Hal itu bertolak belakang dengan kebanyakan anggota kepolisian yang berpangkat dibawah perwira. 

Saya punya satu pengalaman yang "wow"! Suatu kali saya diajak beberapa kolega arsitek yunior untuk mengunjungi proyek mereka merenovasi rumah tinggal di pusat kota Bandung, yang saat itu sedang dikerjakan para tukang bangunan. Mereka bermaksud ingin mendapatkan masukan disain dari saya, sekalian cuci mata...heu heu heu.. 

Lokasi rumah di kawasan permukiman elit, tempatnya di kapling tanah berkontur yang artistik dan memiliki view yang indah dari bukit. Dari bentuk rumah dan fasilitas yang direnovasi atau bangunan baru menunjukkan si pemilik rumah memiliki selera disain dan hoby yang berkelas. Rumah tersebut hanya ditinggali sewaktu-waktu saja oleh pemiliknya bila sedang liburan bersama keluarga, atau ada keperluan ke kota Bandung.

Awalnya saya mengira pemilik rumah tersebut seorang pengusaha besar karena harga rumah tersebut sangat mahal. Namun setelah melihat sejumlah foto keluarga yang ada di beberapa ruang dan informasi dari arsitek, saya jadi tahu bahwa pemilik rumah itu seorang anggota kepolisian berpangkat perwira yang masih bertugas di sebuah kabupaten di Kalimantan yang kaya akan hasil alam; hutan, pertambangan dan perkebunan berskala besar. 

Dari sejumlah foto bersama korps nya, saya perkirakan usianya antara 35 sampai 40 tahun. Dari informasi tim arsitek, si perwira muda itu masih memiliki beberapa rumah yang tergolong mewah, yang disain dan pembangunannya mereka tangani. 

Melihat semua itu, saya berpikir betapa enaknya si Perwira. Usia masih relatif muda tapi sudah jadi "orang sukses". Sementara aktif bertugas di kabupaten di Kalimantan dia masih bisa "menyisihkan" pendapatannya untuk memiliki rumah mewah di beberapa kota lain di lain kota/pulau. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN