Mohon tunggu...
Pebrianov
Pebrianov Mohon Tunggu... Pembaca yang khusyuk dan penulis picisan. Dulu bercita-cita jadi Spiderman, tapi tak dibolehkan emak

Bersukarialah dengan huruf, kata dan kalimat. Namun jangan ambil yang jadi milik Tuhan, dan berikanlah yang jadi hak kaisar.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

K-Rewards Bikin Sensasi dan Kesukaan Menulis di Kompasiana Lebih Bergairah

13 Desember 2018   03:53 Diperbarui: 13 Desember 2018   04:09 558 35 24 Mohon Tunggu...
Lihat foto
K-Rewards Bikin Sensasi dan Kesukaan Menulis di Kompasiana Lebih Bergairah
sumber gambar ; kompasiana.com

"Bulan Desember periode K-Rewards akan tetap berjalan. Apakah program K-Rewards akan berlanjut di tahun depan? Berikan saran Anda mengapa kita harus tetap melanjutkan program ini melalui komentar di bawah artikel ini, agar kami dapat meyakinkan manajemen." (kompasiana official12 Desember 2018 10:51) 

Tadinya saya ingin menuliskan uneg-uneg ini di kolom komentar admin Kompasiana sesuai permintaan admin kepada para kompasianer pada pengumuman penerima K-Rewards bulan November yang ditayangkan kompasiana official (admin). Tapi kemudian saya batalkan.  Lebih baik menjadikannya sebuah artikel tersendiri. Kenapa? Karena saya suka uang! Eeh, tapi bukan berarti aku tidak suka kamuuuh. Don't worry, beibeh...heuheuheu!

Dengan membuat artikel tersendiri  ini, setidaknya saya bisa mendapatkan sejumlah unique view yang kelak bisa dikonversikan menjadi uang. Ini salah satu  sebagai wujud bakti, loyalitas dan rasa suka saya kepada uang, heuheu ! Siapa siang yang tak suka uang? Siapa sih yang tak perlu uang? Biarpun saya lelaki pemalu dan pendukung garis keras timnas indonesia, saya tetap suka dan perlu uang.

Uang sekecil apapun tetap punya nilai dan fungsi. Uang receh 100 rupiah sekalipun tetap berguna dan bernilai. Anda tidak akan mendapatkan celana seharga Rp.99.900 kalau uang anda cuma Rp. 99.800,- (atau kurang 100 rupiah dari harga). Sampai nangis sinetron pun, mbak SPG atau kasir yang cantik itu tidak akan mau ditawar, karena harga itu sudah masuk dalam sistem pembayaran di supermarket tempat dia bekerja.  

Anda bisa saja  ditampol tukang parkir kalau tidak punya uang untuk bayar parkir motor Rp. 1000 rupiah. Bodi mobil anda mungkin dibaret oleh tukang parkir karena anda tidak punya uang bayar parkir 3000 rupiah. Jadi uang sekecil apapun tetap punya nilai dan manfaatnya. Itulah mengapa saya suka (menghargai) uang yang saya miliki. Karena saya takut ditampol tukang parkir, eeeh...

K.Rewards dan Kebutuhan Kompasianer

Saya menulis di kompasiana sejak bulan Pebruari 2014. Sampai sekarang artikel saya berjumlah 1.145 artikel.  Sebelum ada K-Rewards mungkin sekitara 1.000an artikel saya tulis secara gratis di kompasiana. Namun hati tetap senang menulis di Kompasiana.

Sekarang setelah kompasiana meluncurkan program K-Reward hati saya tambah senang karena saya punya peluang mendapatkan uang dari tulisan saya itu. Kalau dulu ada kerabat yang mempertanyakan "kok mau sih nulis susah-susah di kompasiana nggak dibayar?" Saya biasanya menjawab karena hati senang.

Kalau sekarang ditanya, "kok mau sih nulis di kompasiana?" Maka variabel jawabannya sudah bertambah, yakni "hati senang, tambah bergairah dan dapat uang!" Apakah membuat tulisan itu sebanding dengan uang yang didapatkan? Itu relatif, om/tante, yang penting hati senang dan dapat uang. Berapa pun uangnya tetap berguna. Bandingkan dengan bila membuat tulisan tapi "hati sedih dan tak dapat uang", Anda pilih mana? Heu heu heu...!

Bagi saya, jumlah nominal uang yang di dapat memang sesuatu yang relatif. Tidak bisa dibandingkan secara head to head dengan tulisan yang dibuat. Kenapa? Karena setiap artikel yang ditayang memiliki nasibnya sendiri---yang kemudian dengan aturan kompasiana (google analitical) nantinya dikonversi menjadi nilai rupiah. Berbeda halnya dengan tulisan pesanan produk tertentu. Walau sedikit pembaca pun, asalkan artikel sudah dibuat dan ditayangkan, bayaran sudah pasti diterima si Penulis dengan nominal sesuai kesepakatan awal.

Sejak pertama kali K-Rewards diluncurkan, saya sudah mendapatkan total uang Rp. Rp 1.531.620. Uang itu sangat berguna bagi saya untuk pemenuhan beberapa kebutuhan. Adapun perinciannya setelah saya lihat kembali kompasiana official terdahulu, yaitu :

  • November,  urutan 5, Rp 513.495
  • Oktober,  urutan 31,  Rp 141.540
  • September,  urutan 18, Rp 301350
  • Agustus, urutan 18, Rp 166.935
  • Juli, (tidak mendapatkan K. Rewards, mungkin karena hanya posting 4 artikel, sehingga jumlah view tidak mencukupi)
  • Mei, Urutan acak, Rp 238.750
  • 23 Februari-23 Maret,  Rp.169.550 (K.Reward Edisi Perdana)

Jumlah total  Rp 1.531.620 rupiah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x