Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mendapatkan Uang dari Kompasiana

10 April 2021   12:10 Diperbarui: 10 April 2021   12:17 155 14 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mendapatkan Uang dari Kompasiana
kompasiana.com

Mendapatkan Uang dari Kompasiana

Kemarin lalu, saat menuliskan pengalaman karantina Kompasiana, ada salah satu komentar, oh baru tahu kalau bisa mendapatkan uang dari Kompasiana. Mau membalas, terlalu panjang jika dalam kolom komentar. Ah lebih pas sih ditulis dalam artikel saja. https://www.kompasiana.com/paulodenoven/606c1392d541df70b5556022/gerahnya-kompasianer-menjawab-prof-felix-tani

Tentu mendapatkan uang, tidak sebagaimana menulis untuk media, atau ngeblog pribadi. Maka memilih mendapatkan uang, bukan bisa mencari uang di Kompasiana. Berbeda. Mengapa?

Uang, reward, atau hadiah dari Kompasiana, memang relatif banyak dalam  setahunnya. Ada event-event, baik komunitas yang menyelenggarakan, atau Kompasiana bersama sponsor yang melakukan. Hadiah dari sekadar pulsa kalau komunikasi K daerah yang mengadakan. Bisa jutaan jika sponsor sebagai penyelenggara.

Yang rutin dan kesempatan oleh Kompasianer sangat terbuka jelas k-reward bulanan. Kalau tidak salah, asal 1.500 pembaca dengan artikel pilihan, menulis minimal tiga (3) artikel dalam satu bulan mendapatkan kesematan untuk bisa memperoleh K-reward. Penghitungan, bukan apa yang tertera di dalam artikel atau akun.

Artinya jelas bagaimana Kompasiana bisa menjadi ajang mendapatkan uang. Ini yang berkategori rutin setiap bulan.

Setiap tahun, namun tidak akan ada banyak yang bisa mendapatkannya, Knival. Hanya tujuh orang yang bisa mendapatkan hadiah. Tentu ini kerja keras sepanjang tahun. Berbeda dengan K-reward yang sangat mungkin semua Kner mendapatkannya tentu saja.

Narative. Ini sih hanya sepanjang rabaan, Kompasiana memiliki rekan pihak ketiga yang membutuhkan tulisan dari Kner. Nah Admin akan menghubungi penulis yang kompeten untuk melakukan "tugas" ini. Belum pernah sih dapat, dan emang bukan kapasitas saya juga.

Jaringan pribadi. Ini sangat mungkin malah, rekan-rekan Kompasianer atau komunitas-komunitas K mendapatkan tawaran untuk menulis dari rekan atau jaringan mereka. Nah ini kesempatan yang lumayan. Dari ratusan ribu hingga jutaan sangat mungkin diperoleh.  Beberapa kali mendapatkan kesempatan dengan cara ini. sekali Kompasianer Jogya menawarkan kepada Kner Semarang karena kekurangan quota penulis.

Artinya, ikut dalam komunitas itu sangat membuka peluang untuk dikenal dan mengenal rekan lain, siapa tahu rezeki. Jangan khawatir, banyak komunitas di K ini, masing-masing memiliki ciri dan kekhasan dan itu bisa menjadi lahan mendapatkan uang.

Itu yang secara langsung memberikan peluang mendapatkan uang. Ada pula aktivitas di K yang sangat mungkin menghasilkan uang pula. Membangun brand atau citra diri. Google terutama sebagai perangkat dunia digital yang paling gede saat ini, menjadi rujukan. Nah ketika nama kita sudah ramai di mesin pencari ini, apalagii sangat unik, bukan tidak mungkin ada tawaran dalam aneka warna bentuk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN