Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... biasa saja htttps://susyharyawan.com

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Prabowo ke Mana?

2 April 2021   06:47 Diperbarui: 2 April 2021   06:51 633 19 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Prabowo ke Mana?
Sumber: merdeka.com

Prabowo ke Mana?

Jadi ingat setiap Jumat, masa prapilpres, apalagi kalau kampanye, lini massa media sosial dipenuhi dengan pertanyaan retoris sekaligus juga lucu-lucuan bertanya Prabowo Jumatan di mana.  Ini sih hanya sebuah guyonan politik yang menggelitik.

Dalam falsafah Jawa dikenal dengan guyon pari kena. Maknanya sih mendalam, bagaimana ia yang dikelilingi orang dari kalangan agamis, semua-mua dasarnya adalah agama, apapun akhirnya agama, tetapi religiusitasnya semua juga pada paham.

Tak terasa guyonan itu sudah dua tahun lewat. Kini muncul lagi, ketika begitu banyak aksi teror, Prabowo sebagai menteri pertahanan sama sekali tidak terucap apapun.  Maka tidak heran, netizen kembali menayangkan penggalan judul-judul ketika Menhan Ryamizard Ryacudu menjabat jabatan itu. Tegas, lugas, dan  apa adanya.

Eh malah tiba-tiba mdia arus utama memunculkan soal telponan Menhan Prabowo dengan pihak Amerika soal Natuna Utara.  Itu memang bagian dari tugas Menhan, mengenai pertahanan. Toh jangan dilupakan, pertahanan dari dalam juga masuk dalam tanggung jawabnya.

Mengapa Prabowo diam?

Ia tampaknya masih berharap untuk 24. Maka ia tidak akan frontal berhadapan dengan "kawan" lama ini. Ia paham dengan baik siapa-siapa saja yang ada di dalam aksi-aksi ini, dan mereka ini juga bersama dalam dua perjuangan demokrasi bersama.

Prabowo tahu dan paham, ia telah banyak mengecewakan  "kawan lama" ini karena "menyeberang dan ikut gerbong rival politiknya dalam dua kali pilpres. Berbeda dengan para "kawan lama" dalam menilai rival politik.

Demokrasi, rival ya saat pemilihan. Ketika sudah selesai, ya bisa saja kolaborasi. Tentu berbeda dengan siapa-siapa dalam kubu "kawan lama" ini. Soal ideologis.

Menghardik bak Menhan Ryamizard Ryacudu jelas tidak akan mungkin. Berbeda, RR adalah jenderal  lapangan, Prabowo sudah menjadi politikus, bukan seorang jenderal lapangan murni lagi. Berbeda tentu saja dalam bersikap dan menghadapi potensi kawan dalam gelaran pemilu.

Cerdik dengan menguarkan berita soal Natuna Utara atau China Selatan, publik akan tertarik perhatiannya, karena ini menyangkut hegomini dua kekuatan dunia, China dan Amerika Serikat. Mencakum lingkup regional kawasan, ada Vietnam, Malaysia, dan ini bukan barang sepele.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN