Mohon tunggu...
JQ Soenardi
JQ Soenardi Mohon Tunggu... Buruh - Rektor Universitas Kehidupan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis adalah berkerja di kesunyian Dalam hening dan senyap namun terasa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Wali Plato oleh Buya Husein Muhammad

8 Maret 2024   02:43 Diperbarui: 8 Maret 2024   02:45 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Input sumber gambar darus.id)

Abdul Karim Al-Jily, adalah penafsir ajaran Wahdah al-Wujud, Kesatuan Eksistensi". Atau "Unity of Being" (gagasan Ibn Arabi) yang paling fasih disamping Shadruddin Al- Qunawi. Karyanya yang paling populer "Al-Insan al-Kamil". Dalam buku ini, Al-Jili menceritakan mimpi pertemuannya dengan Platon di suatu tempat yang penuh misteri. Dia mengatakan:

"Aku bertemu Plato, orang yang dituduh kafir oleh kaum literalis/tekstualis. Aku melihat dia berada di suatu tempat yang misteri yang diliputi cahaya dan keindahan. Aku tidak pernah melihat kedudukan yang amat terhormat seperti yang diduduki dia, kecuali di kalangan para wali (kekasih Tuhan). Aku bertanya kepada orang yang aku temui: "siapakah anda?". Dia menjawab : "aku adalah kutub zaman". (Abd al-Karim al-Jily, Al-Insan al-Kamil fi Ma'rifah al-Awakhir wa al-Awail, II/52).

Edisi reproduksi
04.03.2020
HM

04.03.2024.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun