Mohon tunggu...
Parlin Pakpahan
Parlin Pakpahan Mohon Tunggu... Lainnya - Saya seorang pensiunan pemerintah yang masih aktif membaca dan menulis.

Keluarga saya tidak besar. Saya dan isteri dengan 4 orang anak yi 3 perempuan dan 1 lelaki. Kami terpencar di 2 kota yi Malang, Jawa timur dan Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Salam 10 November 2021

9 November 2021   16:40 Diperbarui: 9 November 2021   17:23 277 9 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Generasi transisi pra milenial  numpang lewat/Dokpri

Salam 10 November 2021

10 November 2021 dalam kalender nasional kita adalah Hari Pahlawan. Apakah ini sudah menjadi ritual tahunan sejak tanggal tsb ditetapkan sebagai Hari Pahlawan oleh Ir. Soekarno melalui Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959? 

Kalau ditelusuri dekade demi dekade selama 62 tahun hari pahlawan, bahkan 76 tahun hari proklamasi, kita boleh jadi akan tahu pergeseran apa saja yang terjadi disitu. Tapi sayang sepertinya tak ada peneliti yang berminat menelusurinya.

Bagaimanapun, 10 Nopember tetaplah hari pahlawan. Dan kalaupun itu ritual katakanlah seperti acara pembaptisan di gereja Baptist, dimana nggak balita nggak ortu langsung diceburin ke kolam mini seukuran badan yang sudah tersedia didekat podium pendeta - itu persis di tengah pandemi Covid-19. Kita tak perlu lagi lebay soal kerumunan. 

Pandemi sudah semakin landai dan sudah ada semacam penghiburan dari pemerintah bahwa pada Desember ini kl 10 juta suntikan terakhir Sinovac-AstraZeneca-Moderna akan menuntaskan vaksinasi bangsa yi +70% lebih anak bangsa sudah divaksinasi. Itu semua demi dan untuk kekebalan bangsa yang kini total kl 275 juta jiwa menuju tahun baru 2022 dst.

Definisi

Ritual adalah urutan kegiatan yang melibatkan gerak tubuh, kata-kata, tindakan, atau benda, dilakukan sesuai dengan urutan, sesuai aturan standar. Ritual dapat ditentukan oleh tradisi suatu komunitas, termasuk komunitas agama. Ritual dicirikan, tetapi tidak didefinisikan, oleh formalisme, tradisionalisme, invarian, tata aturan, simbolisme sakral, dan kinerja.

Untuk mudahnya ritual 10 Nopember sebut saja sebagai ritual penanggalan dan peringatan. Ritus penanggalan dan peringatan adalah peristiwa ritual yang menandai waktu tertentu dalam setahun, atau periode tetap sejak peristiwa penting itu ditahbiskan. Ritual penanggalan memberi makna sosial pada perjalanan waktu, menciptakan siklus tahunan yang berulang.

Pahlawan, asal tau, berasal dari bahasa Sansekerta "phala" yang berarti hasil atau buah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pahlawan dimaknai sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, pejuang yang gagah berani.

Starting point

Dari sudut negara, gelar pahlawan diberikan kepada para pejuang yang berjasa kepada Negara Republik Indonesia, berjuang dalam Negara Indonesia, dan merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan