Mohon tunggu...
Parlin Nainggolan
Parlin Nainggolan Mohon Tunggu...

Berbagi pengetahuan adalah hal yang memiliki kenikmatan tersendiri.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kegunaan "Coaching" dan "Counseling" bagi Karyawan

21 Mei 2018   17:37 Diperbarui: 21 Mei 2018   18:03 3922 0 0 Mohon Tunggu...

Didalam dunia kerja, kita menghadapi berbagai macam permasalahan yang timbul, baik itu antara kita dengan Pimpinan, atau kita dengan rekan kerja dan sering juga kita dengan bawahan. 

Permasalahan ini sering terjadi dan menghambat aktifitas bahkan kinerja kita dan karyawan lainnya yang terkena dampak permasalahan tersebut, bahkan dapat mempengaruhi produktifitas Perusahaan. 

Terutama para pimpinan, sering menghadapi karyawan atau bawahan yang tidak secara maksimal melakukan aktifitas pekerjaan, namun hal ini perlu segera diatasi. Tidak maksimal melakukan pekerjaan, bisa terjadi didasarkan atas permasalahan pribadi karyawan tersebut, atau permasalahan dalam aktifitas kerja, apakah yang bersangkutan tidak mengerti dengan tugas yang diberikan Pimpinan,atau kurang terlatih dalam menangani pekerjaa. Untuk itu Pimpinan, perlu melakukan aktifitas Coaching dan Counseling kepada karyawan/bawahan tersebut. Coaching dan counseling diberikan kepada karyawan, pada saat :

1. Pada saat karyawan sedang memerlukan hal tersebut,sehingga Pimpinan harus bisa mengatur waktu untuk melakukan coaching dan counseling.

2. Pada saat timbul gejala-gejala yang akan merugikan pribadi karyawan, rekan sekerja ( orang lain ), bahkan jika merugikan Perusahaan.

3.  Pada saat ada laporan dari pihak-pihak atau orang lain, secara bertanggung jawab.

Coaching merupakan bimbingan atau masukan yang diberikan kepada seseorang, dalam hal ini karyawan, agar memiliki keahlian dan keterampilan yang lebih baik, agar dapat menyelesaikan suatu masalah, pekerjaan atau tugas yang diberikan Pimpinan. 

Sedangkan Counseling  merupakan proses memberi dukungan yang dilakukan Pimpinan, agar karyawan atau bawahan dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi, terutama terhadap masalah pribadi, perubahan kebijakan dalam Perusahaan yang dapat mempengaruhi kinerjanya.

Coaching diberikan kepada karyawan :

1. Tidak dapat melakukan pekerjaannya, karena kurang mengerti atau tidak tahu prosedur mengerjakan pekerjaan.

2. Untuk meningkatkan produktifitas kerja,sehingga diperlukan coaching.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x