Mohon tunggu...
Panorama Islami
Panorama Islami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Sip

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menyenangkan! Mahasiswa KKN Undip Memperkenalkan Permainan Tradisional pada Siswa SDN Simpar

30 Januari 2023   12:14 Diperbarui: 30 Januari 2023   12:20 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rabu, 25 Januari 2023 delapan mahasiswa KKN Undip Semarang memperkenalkan berbagai permainan tradisional kepada siswa siswi kelas 5 SDN Simpar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang. Tidak hanya memperkenalkan dengan penyampaian presentasi, Mahasiswa KKN Undip juga mengajak siswa-siswi kelas 5 SDN Simpar untuk memainkan permainan itu secara langsung. Permainan tradisional yang diperkenalkan antara lain adalah galah asin, cublak-cublak suweng, dan congklak.


Kegiatan pengenalan permainan tradisional ini didasarkan pada pengamatan mahasiswa KKN selama beberapa minggu awal tinggal di Desa Simpar. Sebagian besar dari anak-anak yang ditemukan mahasiswa KKN tidak jarang memilih bermain permainan yang sedang digandrungi belakangan ini. Terbilang sulit untuk menemukan anak-anak yang bermain permainan tradisional. Sangat disayangkan bila sejak kecil anak-anak tidak dikenalkan oleh permainan tradisional yang tidak kalah menyenangkan dengan permainan yang sekarang banyak dimainkan. Selain dalam rangka mewarisi kebudayaan turun menurun, permainan tradisional juga memiliki berbagai manfaat untuk anak-anak, diantaranya yaitu melatih kreativitas, mengasah kecerdasan sosial dan emosional, serta mempelajari setiap nilai yang terkandung dalam permainan tersebut.

dokpri 
dokpri 

Setelah istirahat pertama selesai, Mahasiswa KKN Undip mulai memaparkan secara garis besar tentang permainan tradisional dari segala penjuru nusantara dengan presentasi singkat. Setelah itu memberikan penjelasan tentang tata cara bermain permainan tradisional yang akan dimainkan bersama-sama, dilanjutkan dengan pembagian kelompok. Setiap kelompok akan diarahkan menuju tiga pos untuk bermain 3 permainan berbeda, hingga semua kelompok mencoba semua permainan.

Pengenalan permainan tradisional ini diharapkan dapat memberikan referensi baru akan beragamnya permainan yang dapat dimainkan oleh siswa-siswi SDN Simpar serta memberikan kesadaran akan kebudayaan Indonesia yang kaya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun