Mohon tunggu...
Muchtar Ai
Muchtar Ai Mohon Tunggu... Salam Olah Raga!

perjalanan tukik menjadi penyu

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Distingsi

5 Agustus 2020   23:35 Diperbarui: 5 Agustus 2020   23:32 7 1 0 Mohon Tunggu...

Sudah beberapa hari sejak saya memulai membaca buku Robert T Kiyosaki. Bukan. Bukan Rich Dad and Poor Dad. Salah satu buku turuannya: Rich Kid Smart Kid. Sebuah buku yang diperuntukan untuk orang tua agar memperhatikan pendidikan finansial kepada anak. Suatu hal cukup menarik, buku ini ditulis dengan penyampaian yang baik. 

Begitu baiknya sehingga kritikan terhadap sistem pendidikan di Amerika tidak begitu terasa menohok. Apa, kenapa, dan bagaiman sistem pendidikan saat ini tidak mendukung anak untuk mengembangkan potensi terbaiknya. Kritik yang disampaikan juga disertakan dengan solusi yang bisa dilakukan oleh guru di sekolah dan juga oleh orang tua di rumah. 

Pendidikan di sekolah hanya menitikberatkan pada pengembangan kecerdasan linguistik-verbal dan kurang mendukung dalam pengembangan kecerdasan lainnya. 

Kecerdasan lainnya yang dimaksud Robert yaitu kecerdasan fisik, kecerdasan numerik, kecerdasan spasial, kecerdasarn intrapersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan lingkungan. Penulis meyakini bahwa dengan mengembangkan potensi anak berdasarkan kecerdasan dominannya lah maka potensi anak dapat secara optimal dapat dikembangkan.

VIDEO PILIHAN