Mohon tunggu...
Darmadi
Darmadi Mohon Tunggu...

Patriot Energi Kementrian ESDM 2015-2016. Travelling, geology, vulcanology, community development, design thingking :)

Selanjutnya

Tutup

Muda

Serunya Program Patriot Energi Kementrian ESDM

18 Februari 2016   10:55 Diperbarui: 18 Februari 2016   11:24 0 1 1 Mohon Tunggu...

Menjadi Patriot Energi bukan untuk menjadi seorang pahlawan. Di sini kami belajar arti sebuah ketulusan dalam pengabdian. Bukan seberapa besar yang dikontribusikan, tapi sejauh mana keikhlasan itu diamalkan(Patriot Energi Alor, 2016)

Patriot Energi merupakan sebuah gerakan yang mengirimkan lulusan-lulusan terbaik Indonesia untuk datang ke daerah-daerah tertinggal, terpencil, dan terluar Nusantara sebagai bagian dari masyarakat setempat. Mereka ditugaskan untuk menyadarkan dan membangun masyarakat melalui pembangunan dan pemanfaatan pembangkit energi terbarukan yang berkelanjutan. Visi dari Patriot energi adalah meningkatkan modal sosial masyarakat dengan menerapkan energi terbarukan berbasis masyarakat yang berkeadilan sosial melalui patriot-patriot muda untuk mewujudkan kedaulatan energi bangsa. Beuh, keren banget kan visi dari patriot energi. Visi ini juga dibangun dari keprihatinan atas keadaan saudara-daudara kita yang belum menikmati listrik  Masih ada 12.669 desa di Indonesia yang belum menikmati listrik (sumber : esdm.go.id), jadi dengan mengikuti program ini kamu bisa menjadi bagian sejarah bangsa Indonesia dalam pemerataan energi listrik. Selain banyaknya desa yang belum terlistriki fasilitas listrik yang telah dibangun di desa-desa cepat rusak. Hal ini dikarenakan masyarakat kurang mampu untuk mengelola fasilitas tersebut. Hadirnya program patriot energi ini menjadi jawaban bagi permasalahan tersebut. Patriot energi bertugas membimbing masyarakat di desa untuk memanfaatkan listrik di desa secara bijak, sehingga fasilitas yang ada bisa berkelanjutan. Pengen tahu lebih jauh tentang patriot energi, langsung cusss aja ke www.patriotenergi.com . Klik, baca langsung daftar ya :).

 

SELEKSI DAN PELATIHAN     

Untuk menjadi bagian dari patriot energi ini harus melewati beberapa rangkaian seleksi, mulai dari seleksi berkas (CV dan essay) sampai seleksi wawancara. Pada saat patriot energi gelombang 1 terdapat lebih dari 3600 pemuda pemudi yang mendaftar. Dari 3600-an tersebut  kemudian diseleksi menjadi 80 orang. Selanjutnya 80 orang ini dilatih selama kurang lebih 1 bulan lebih. Terdapat 4 kompetensi khusus yang  ditanamkan kepada para calon patriot energi : kompetensi kejuangan, kompetensi keteknikan, kompetensi sosial dan yang paling spesial adalah kompetensi keikhlasan. Dalam pelatihan ini terdapat materi dan praktek tentang survival bersama wanadri selam kurang lebih 5 hari. Di sinilah kompetensi kejuangan para calon patriot diuji untuk siap menghadapi tantangan berat di desa-desa terpencil. Ada juga pelatihan untuk bagian sosial, mulai dari pemetaan sosial, memahami persoalan masyarakat pedesaan dan alternatif solusinya. Kegiatannya sangat seru, karna tidak berkutat diruangan, tetapi sering dilakukan secara outdor. Praktek langsung dilapangan menjadi bagian yang selalu diprioritaskan. Di sesi pelatihan ini juga dilatih bagaimana menjadi seorang patriot sejati untuk rela berkorban dan mengedepankan keikhlasan. Tak lupa juga para calon patriot ini dilatih untuk memahami teknologi energi terbarukan. Jadi jangan khawatir buat kamu yang ingin ikut , tapi ragu karna belum pernah belajar tentang teknologi di bidang energi terbarukan. Saya lulusan teknik geologi ITB dan jarang-jarang juga tahu tentang teknologi energi terbarukan secara mendalam. Tapi pelan-pelan kami belajar bersama dan insyaallah bisa J. Penasaran tentang pelatihannya. Yuk simak videonya disini

 

PENEMPATAN KE DESA

Setelah proses pelatihan yang seru banget dan bikin ketagihan, saat yang dinanti-nanti telah tiba. Rasanya dag dig dug door, gak sabar pengen tahu bakal di mana kami akan ditempatkan. Lokasi penempatan ini disesuaikan dengan hasil pelatihan, baik kesehatan, psikologis, dan 4 kompetensi yang telah saya sebutkan di atas. Dalam patriot energi gelombang 1 ini terdapat 64 desa penempatan yang tersebar dari Sumatra sampai Papua. Saya sendiri ditempatkan di desa Manmas, Kecamatan Alor Selatan, Kabupaten Alor. Di Alor ini saya bersama 2 orang teman saya yaitu suli dan luthfie Afghan (kata teman-teman patriot sih mirip, entahlah mungkin efek survival jadi banyak halusinasi, #peace fie). Yuk lanjut cerita kegiatan di desa ya guys..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x