Mohon tunggu...
Putu Rustika
Putu Rustika Mohon Tunggu... Insinyur - Membaca, menggambar, menulis, ...

Kera Ngalam

Selanjutnya

Tutup

Balap

Kelanjutan Mugen Shinden Setelah IOM TT Zero Dibekukan Dulu

21 Mei 2020   05:04 Diperbarui: 21 Mei 2020   14:18 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto dari https://mugeneuro.com

Menurut situs Mugen Eropa, balap sepeda motor listrik Isle Of Man TT Zero akan ditiadakan di tahun 2020 dan 2021. Salah satu alasannya karena balapan dianggap monoton dalam beberapa tahun terakhir. Monoton karena kompetisi adu cepat 1 lap yang diselenggarakan pertama kali di tahun 2010 ini, selalu dijuarai oleh motor Mugen Shinden sejak  tahun 2014 sampai dengan tahun 2019. Mugen Shinden juga memegang rekor kecepatan puncak, 196 Km/jam. 

Peserta lain dianggap masih akan kesulitan untuk mengejar/menyamai teknologi yang dipakai Mugen Shinden untuk 1-2 tahun ke depan. Persepsi tersebut wajar karena beberapa tahun terakhir, pesaing Mugen hanyalah motor buatan mahasiswa. 

Bukan meremehkan pesaing tersebut, tetapi Mugen memakai komponen after market yang jempol, sementara pesaingnya masih mengandalkan komponen gabungan antara komponen buatan/hasil riset mahasiswa dengan komponen dari sponsor. Contoh berikut beberapa spesifikasi dari Mugen Shinden (Mugen) vs University of Nottingham ( UoN ) di seri tahun 2019 :

Foto Mugen Shinden Hachi 2019 :

Foto sepeda motor listrik University of Nottingham 2019 :

Sumber foto dari https://www.royalautomobileclub.co.uk
Sumber foto dari https://www.royalautomobileclub.co.uk

Rem

- Mugen = Nissin

- UoN = Brembo

Suspensi

- Mugen = Showa carbon

- UoN = Ktech

Baterai

- Mugen =370 Volt Lithium - Ion. Komponen dibeli dari Maxell untuk kemudian dirakit menjadi unit baterai sesuai rancangan Mugen.  

- UoN = Lithium - Ion, dirancang dan dibuat oleh mahasiswa University of Nottingham

Motor listrik

-Mugen = 3 phases, oil cooled, brushless, tenaga output 119 kW dan torsi 210 Nm, buatan Mugen Power

- UoN = rancangan dan buatan mahasiswa University of Nottingham dengan bantuan teknis dan sponsor dari beberapa perusahaan seperti  Arnold Magnetic Technologies Corporation, Easy Composites Ltd, Renishaw UK ( 3D printing ). Wuiiiks, bikin iri mahasiswa Indonesia !

Sepeda motor berpenggerak energi listrik memang masih terbilang baru dan teknologi masih berkembang. Ongkos pengembangannya ( motor listrik, baterai, inverter/drive train ), apalagi untuk bisa bersaing di lomba balap, masih mahal. Meskipun balapan hanya dibatasi 1 putaran/1 lap, ongkos tersebut masih tinggi. Regulasi juga masih bisa dikatakan terbuka. Pokoknya berpenggerak motor listrik, ...  bisa berpartisipasi.  

Alasan lain IOM TT Zero dibekukan dulu, karena balapan diangap belum berhasil menarik banyak minat pabrikan/pembuat sepeda motor listrik untuk turun berlomba. 

Disimak dari data di situs Wikipedia, dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2019, jumlah peserta tiap tahun kurang dari 10 motor dan tahun-tahun terakhir, kebanyakan pesertanya berasal dari privateer/team kecil/team universitas. Sarolea/Belgia, hanya ikut tahun 2014, 2015 dan 2017. Energica, hanya diwakili oleh team privateer/Moto Corsa di tahun 2017, 2018.  

Apakah motor Mugen Shinden akan dialihkan ke balap sepeda motor listrik yang lain ? Ada balap Pikes Pike Hill di Amerika, tetapi sejak tragedi tewasnya Carlie Dunne tahun lalu, balap untuk kelas motor juga sementara ditiadakan. Kemudian ada balap Open eSBK. Bila disimak di situs nya,https://openesbk.com, belum ada kelanjutan setelah seri pertama bulan Mei tahun 2019. Masih ada beberapa kejuaraan yang menyertakan kelas sepeda motor listrik, tetapi pasti tidak akan cukup penting/prestisius untuk diikuti oleh Mugen Shinden. Opsi menyelenggarakan one make race Mugen Shinden ? 

Bisa jadi, asal didukung oleh Honda ! Sementara untuk saat ini, Honda masih belum kelihatan mencolok pengembangan sepeda motor listriknya. Terkesan wait and see sambil development. Salah satu development nya lewat Mugen ! Yang pasti teknologi Mugen Shinden tidak akan disia-siakan. Melalui situsnya, pasca pengumuman panitia tentang penghapusan balap IOM TT Zero 2020 dan 2021, Mugen mengumumkan bahwa mereka bakal mengembangkan teknologi Mugen Shinden ke electric motorcrosser "E.REX". Motor tersebut telah diperkenalkan saat Tokyo Motor Show 2019.  Kita tunggu kiprah motor kembaran Honda CR Electric melawan electric dirt bike lain seperti KTM E-Ride, Milandr SM-250, Tacita Dakkar Rally dirt bike dll.  

Foto Mugen E.REX 2019

Sumber foto https://www.asphaltandrubber.comcaption
Sumber foto https://www.asphaltandrubber.comcaption

Foto Tacita T-Race 2019

Sumber foto www.autoelevation.com
Sumber foto www.autoelevation.com

Sumber berita :

https://en.wikipedia.org/wiki/TT_Zero#2016_TT_Zero_Race

https://www.bennetts.co.uk/bikesocial/news-and-views/racing/isle-of-man-tt/news/tt-2018-why-are-mugen-racing-electric-bikes-at-the-tt-and-what-does-the-future-hold

Facebook U0N Super Bike

http://mugeneuro.com/uncategorized/team-mugen-tt-announcement/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun