Mohon tunggu...
Putu Rustika
Putu Rustika Mohon Tunggu... Membaca, menggambar, menulis, ...

Kera Ngalam

Selanjutnya

Tutup

Balap

Penantang Ducati V4 Streetfighter di Pikes Peak Hill Climb 2019

21 Juni 2019   22:21 Diperbarui: 22 Juni 2019   12:32 0 0 0 Mohon Tunggu...
Penantang Ducati V4 Streetfighter di Pikes Peak Hill Climb 2019
revzilla.com

Pikes Peak International Hill Climb/PPIHC adalah balap mobil dan sepeda motor yang unik dan terkenal, setara dengan balap Isle Of Man TT. Di balap tahunan yang pertama kali digelar tahun 1916 ini,  para pembalap memacu kendaraannya di lintasan yang berkelok-kelok dan mendaki. Garis start berada di ketinggian 1440 m di atas permukaan air laut dan dan finish di ketinggian 4300 m. 

Tahun ini prototipe Ducati V4 Streetfighter diuji kemampuannya di balap ini sebelum nantinya dijual ke umum tahun 2020. Keberhasilan Ducati V4 di seri-seri awal lomba WSBK 2019 dan BSB 2019, menjadikan versi nakednya/streefighter favorit untuk menang di PPIHC. Dari sekian peserta kelas motorcycle, electric motorcycle/superbike listrik pantas menjadi saingan berat Ducati V4 Streetfighter karena alasan berikut :

- Balap berlangsung di ketinggian dimana udara tipis. Hal ini akan mempersulit kinerja motor berpenggerak bensin. Sebaliknya superbike  listrik, tidak terpengaruh karena mesin nya/motor listriknya tidak membutuhkan pasokan udara untuk proses konversi energinya. 

- Balap berlangsung di lintasan yang pendek-pendek dan berkelok-kelok. Karakteristik lintasan seperti ini menguntungkan Superbike listrik yang memiliki torsi dan akselerasi yang lebih bagus daripada superbike biasa. Top speed tidak begitu dibutuhkan.

- Sejarah. Tahun 2013, versi jalan raya/standar dari superbike listrik buatan Lightning Motorcylce Corp /USA, berhasil menjadi juara kategori overall motorcyle. Itu superbike listrik pertama yang mampu mengalahkan superbike biasa di lomba PPIHC.  

Berikut foto-foto aksi Charlie Dunne di atas superbike listrik Lightning :

Tahun 2016, superbike listrik buatan Victory Motorcycles /USA, tipe Empulse RR, berhasil menjadi juara ke-2 kategori overall motorcycle. Catatan waktunya hanya kalah tipis dibandingkan sang juara/Kawasaki Z1000

revzilla.com
revzilla.com
Tahun ini, prestasi tersebut di atas bisa diulangi oleh superbike listrik lain. Berikut profil singkatnya :

1. Zero SR/F

Superbike listrik buatan Zero Motorcylce/USA ini masih berupa prototipe dan baru akan dipasarkan tahun depan, idem dengan V4 Streetfighter. Model nya sama-sama streetfighter. Zero SR/F akan masuk dalam kelas Heavyweight. Berikut foto-foto sepeda motor listrik versi balap PPIHC nya :

revzilla.com
revzilla.com
revzilla.com
revzilla.com
Fisiknya tidak kalah macho dengan V4 Streetfighter. Berat sepeda motor versi balapnya hanya 197 Kg (tanpa, modul charger).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x