Mohon tunggu...
Ozy V. Alandika
Ozy V. Alandika Mohon Tunggu... Guru - Guru, Blogger

Seorang Guru. Ingin menebar kebaikan kepada seluruh alam. Singgah ke: Gurupenyemangat.com

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi: Tidurlah Engkau sebagai Orang yang Bertobat

27 Oktober 2020   13:56 Diperbarui: 27 Oktober 2020   14:54 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi tidur. Gambar oleh fujikama dari Pixabay 

Aku tak tahu kesibukan fajarmu, tapi Tuhan tahu. Entah mungkin di singsing fajar tadi engkau masih terlelap. Entah mungkin setelahnya engkau belum tertidur.

Bahkan, tiap detik waktu sadarmu telah menjadi catatan.

Aku tak tahu kesibukan siangmu, tapi Tuhan tahu. Entah mungkin siang tadi engkau sibuk membelokkan jalan tol. Entah mungkin siang tadi engkau sibuk meluruskan tikungan.

Bahkan, sepercik aspal seberat satu mikrogram telah menjadi catatan.

Aku tak tahu kesibukan soremu, tapi Tuhan tahu. Entah mungkin sore tadi engkau sibuk menempa stempel. Entah mungkin hingga ujung sore engkau masih sibuk mempelajari tandatangan tiruan.

Bahkan, setitik tinta stempel bisa terdaftar sebagai duri bagimu.

Juga, aku tak tahu kesibukan malammu, tapi Tuhan tahu. Entah mungkin malam tadi engkau sibuk bertaruh. Entah mungkin sepanjang malam engkau berdalih kepada anak-istrimu.

Bahkan, sepenggal kata telah menuntut balas di ujung jembatan masa kemudianmu.

Sama. Aku pula demikian. Aku tahu bahwa fajar, siang, sore, hingga malamku penuh dengan lena. Yang kutahu, Tuhan tahu. Yang aku tak tahu, Tuhan tahu. Tak selamat aku dan engkau ketika kita menipu.

Persiapan selamat ada salah satu, tidurlah engkau sebagai orang  yang bertobat.

Curup, 27 Oktober 2020

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun