Mohon tunggu...
Ozy V. Alandika
Ozy V. Alandika Mohon Tunggu... Guru - Guru, Blogger

Seorang Guru. Ingin menebar kebaikan kepada seluruh alam. Singgah ke: Gurupenyemangat.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Guru Muda yang Salah Kamar

7 Juli 2020   23:24 Diperbarui: 7 Juli 2020   23:23 650
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar oleh ming dai dari Pixabay 

"Bro, sudah beli buku kiat-kiat lulus CPNS belum?"

"Belum Za. Nanti saja, tunggu kepastian tes. Jangan-jangan kita diprank lagi!"

Sungguh tak disangka-sangka, tiba-tiba saja Mirza menghampiriku dan bertanya tentang buku kiat-kiat lulus tes CPNS. Sepertinya ia begitu penasaran dengan tes di tahun 2018 ini. Secara, sejak awal tahun isu pembukaan tes sudah bergejolak. Siapa tahu isu itu jadi kenyataan.

Aku sendiri, sebenarnya hanya separuh hati menggubris pertanyaan si Mirza. Bukannya aku tak mau ikut tes dan pesimis. Aku mau ikut tes, aku mau mempersiapkan diri dengan matang. Tapi tugasku sebagai guru honorer di SMP begitu menumpuk.

"Za, duduklah di sini dulu. Bisa bantu aku, nggak?"

Kebetulan siang ini aku sedang sibuk meracik kisi-kisi soal, membuat soal online, menyiapkan video pembelajaran dan mengolah bahan ajar untuk besok. Banyak sekali sebenarnya kegiatanku. Tapi, sebegini dulu yang mampu kuingat. Hal-hal lain, kukerjakan di SMP saja.

Mau bagaimana lagi, beban mengajar di sekolah nomor 1 se-kabupaten memang begini. Bayangkan saja, jumlah muridnya lebih dari 1000 orang, didukung dengan fasilitas mengajar lengkap, dan diisi oleh 70-an guru profesional serta milenial.

Sebenarnya aku sangat-sangat bersyukur bisa mengajar di sana. Walaupun terasa sangat sibuk, tapi aku bisa menerapkan pembelajaran digital dan selalu bersahabat dengan teknologi.

"Oi Mirza, kamu enggak sibuk kan siang ini? Tolong bantu aku masukkan soal-soal Matematika ini ke Google Formulir ya. Please!"

"Hemm. Oi Zaidan, bagaimana caranya? Ajari aku dulu tapi, oke?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun