Mohon tunggu...
Ozy V.  Alandika
Ozy V. Alandika Mohon Tunggu... Pengajar, Pembelajar, Pencinta Tilawah

Seorang pemuda sederhana yang sedang mengabdi sebagai guru SD di Kepahiang. Saat ini masih menetap di Kota Curup (Bengkulu). Asli Tun Jang (Suku Rejang). Selalu menanam harapan walau kemarau panjang. Singgah ke: www.ozyalandika.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Ngaku, Dulu Kalian Punya Julukan "Aneh" untuk Guru, Kan?

26 Maret 2020   12:39 Diperbarui: 27 Maret 2020   19:58 493 34 22 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ngaku, Dulu Kalian Punya Julukan "Aneh" untuk Guru, Kan?
Abraham, guru mata pelajaran IPS tengah mengajarkan tentang peta dunia kepada muridnya di SMPN 74, Rawamangun, Jakarta. (KOMPAS/RIZA FATHONI) 

"Ngaku, Deh!"

"Nah, sebelum itu minta maaf dahulu, ya!"

Dalam mengajar, setiap guru pasti punya gaya dan ciri khas masing-masing. Entah itu dari segi metode mengajar, gaya berpakaian, gaya bicara, hingga prinsip dalam menerapkan kedisiplinan semuanya melahirkan kesan yang beragam di hati siswa.

Tak heran, dari gaya dan ciri khas ini para siswa suka iseng dengan memberikan julukan "aneh" kepada para guru. Terang saja, tidak semua guru disukai dan tidak semua guru bisa menyenangkan hati siswa.

Kadang, mata pelajaran di sekolah yang berat-berat seperti Matematika, gurunya malah killer dan garang. Kadang pula, mata pelajaran yang banyak teori seperti IPS dan PKN, gurunya malah berhawa-hawa ngantuk.

Karena gurunya killer dan garang, saat guru itu marah siswa serba ketakutan. Nyawa ini rasanya sudah ada di ujung kelas, rasa-rasa mau segera mati saja. Akhirnya, guru tadi dijuluki "Bapak Malaikat Maut". Hmm

Diolah dari www.gembysportian.blogspot.com.
Diolah dari www.gembysportian.blogspot.com.
Guru IPS dan PKN juga demikian. Karena saat belajar gurunya suka membahas serta bercerita tentang keadaan negara Indonesia dan itu bikin ngantuk, akhirnya guru dijuluki "Bapak Negara Berkembang".

Tidak jauh berbeda, guru-guru pada mata pelajaran lain juga mendapatkan julukan spesial. Guru Biologi misalnya, dijuluki Mr. Zigot. Guru Kimia, dijuluki Ibu Atom. Guru Olahraga yang pintar silat dijuluki Bapak The Legend of Aang.

Berangkat persoalan yang lebih jauh, kadang guru-guru tertentu dijuluki tidak berdasarkan mata pelajaran yang mereka ajar, melainkan dari hobinya.

Misalnya, guru kekinian yang suka main game dan sering cerita di kelas, akhirnya dijuluki Bapak COC (Clash of Clans). Guru yang hobi mancing tapi suka marah-marah di kelas, akhirnya dijuluki Ibu Piranha. Nah, kalo guru yang suka main game cacing julukannya apa, ya! Upps.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN