Mohon tunggu...
Oscar Pangaribuan
Oscar Pangaribuan Mohon Tunggu... Arsitek - Bukan siapa-siapa!

Blogger Pemula dengan Alamat accubebe.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Anakku Naburju, Anak Hasian Hu Brigadir Josua, SH

23 Agustus 2022   14:38 Diperbarui: 23 Agustus 2022   15:24 484
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Tangkapan Layar Youtube Kompas TV)

Hari telah di selenggarakannya prosesi Wisuda Almarhum Brigadir J di Universitas Terbuka (UT) , Pemulang Tangerang Selatan. Yang mana seyogianya harus diikuti oleh Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, tapi harus di wakilkan oleh Ayahanda nya sendiri karena beliau sudah meninggal Dunia akibat terbunuh oleh atasannya sendiri yaitu Ferdy Sambo.

Brigadir J tercatat sebagai mahasiswa UT dan terdaftar di Unit Pelayanan Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Jambi, yang terdaftar sejak tahun 2015 dengan mengambil Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), UT. 

Almarhum dapat memperoleh IPK yang cukup tinggi  yaitu IPK 3,28 . Sebagai bentuk belasungkawa dari Civitas Universitas Terbuka, maka Ayahanda Brigadir J pun di undang untuk mewakilkan prosesi wisuda anaknya sendiri.

Ini sangat berat mungkin bagi Bapak Samuel Hutabarat. Dia harus naik ke podium dan menerima ijazah anaknya yang sudah tiada itu. Menerima ijazah anak yang meninggal atas kekejian atasannya sendiri.

Bapak Samuel terlihat sangat terpukul saat akan menerima ijazah Almarhum Brigadir J yang di serahkan oleh Rektor Universitas Terbuka (UT), tak kuasa menahan kesedihan dan pasti di benak Bapak Samuel Hutabarat akan mengingat semua tentang anaknya sendiri semasa hidupnya. Saat memegang Ijazah dari anaknya sendiri.

Sungguh itu moment yang tidak disangka-sangka oleh keluarga Hutabarat, dimana sepatutnya anaknya lah yang harus naik ke podium atau mengikuti prosesi Wisuda. Tapi kandas sudah akibat beliau meninggal terbunuh/tertembak di rumah dinas Ferdy Sambo dan pelakunya dilingkungan Almarhum sendiri.

( SS YouTube Kompas TV )
( SS YouTube Kompas TV )

Moment saat paling mengharukan adalah saat akan sesi photo dengan jajaran rektor UT dan lainnya, dan diiringi oleh lagu "Anakku Naburju". Disiarkan langsung oleh Kompas TV pada Program Breaking News.

Ayahanda Brigadir J tertunduk lesu dan menangis terus sepanjang lagu "Anakku Naburju"  dinyanyikan.

Tak hanya bapak Samuel Hutabarat yang merasakan itu. Siapapun akan hanyut dalam kesedihan ketika menonton cuplikan prosesi wisuda Almarhum Brigadir J. Termasuk juga dalam tangkapan layar, para wisudawan ikut meneteskan air mata saat melihat Samuel Hutabarat terus menangis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun