Mohon tunggu...
Id.Djoen
Id.Djoen Mohon Tunggu... ”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran”

Anak Bangsa Yang Ikut Peduli Pada Ibu Pertiwi

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Bisakah Aktualisasi Maksud Bukber secara Virtual?

25 April 2021   20:26 Diperbarui: 25 April 2021   20:52 415 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bisakah Aktualisasi Maksud Bukber secara Virtual?
Bukber Tahun Yg Lalu / dokpri

Buka puasa bersama atau disingkat dengan Bukber, adalah moment buka puasa dibulan ramadan secara bersama-sama yang biasa dilakukan oleh keluarga besar, sesama teman alumni sebuah sekolah/universitas, sesama anggota lembaga pemerintahan atau organisasi massa dan juga sesama jamaah sebuah masjid.

Yang namanya buka bersama tentu saja pesertanya banyak dan berkumpul di suatu tempat yang cukup luas, kadang di masjid, di rumah makan, restauran atau sambil berpetualang di pegunungan. Tergantung minat dari sebuah organisasi atau keluarga yang mengadakan acara berbuka puasa bersama tersebut.

Tujuan berbuka bersama yang utama adalah berkumpul sesama sanak saudara, sesama teman, sesama anggota jamaah masjid dan lain-lain. Bercengkerama, bercerita dan tanya kabar masing-masing peserta buka bersama adalah point penting diacara tersebut yang intinya menjalin silaturrahiim di antara mereka.

Karena dilaksanakan disatu tempat baik itu dimasjid atau restaurant, otomatis menu berbuka yang disediakan relatif sama yang akan dinikmati para peserta saat berbuka. Tak peduli orang miskin atau orang kaya apa yang bakal mereka makan menunya sama.

dokpri
dokpri
Di tengah wabah covid 19 acara buka bersama secara offline dianjurkan untuk dihindari agar tidak timbul musibah dengan menyebarnya wabah covid 19 yang belum tuntas. Endingnya acara buka bersama dianjurkan secara virtual. Buka bersama secara virtual dengan memanfaatkan jaringan internet dan berbagai macam aplikasi yang memungkinkan bisa lakukan bukber virtual seperti, zoom, whatsapp, dan google meet.

Dengan bukber virtual ini kita juga bisa bercengkerama dengan sanak saudara, teman sejawat, teman kerja dan lain-lain. Bahkan bisa menjangkau lebih jauh, sehingga teman kerabat yang jauh diluar kota atau luar pulau hingga luar negeri yang tidak mungkin bisa hadir bukber secara offline/tatap muka dengan bukber virtual mereka bisa hadir.

Menu makanan juga bervariasi seperti apa yang disediakan oleh mereka dirumah masing-masing, walau secara tak langsung bisa memegang atau mencicipi namun bisa sharing masak apa, gimana rasanya dan bagaimana cara memasakanya. Jika salah satu peserta bukber virtual ingin menikmati makanan dari peserta lain, diera modern saat ini makanan yang sudah matang bisa dikirim melalui jasa pengiriman barang yang banyak tersedia disekitar kita.

Ada kekurangan bukber virtual dibanding bukber tatap muka, namun maksud dan tujuan dari buka puasa brsama yaitu "Menjalin Silaturrahiim" tidak hilang.

VIDEO PILIHAN