Mohon tunggu...
Id.Djoen
Id.Djoen Mohon Tunggu... ”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran”

Anak Bangsa Yang Ikut Peduli Pada Ibu Pertiwi

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Strategi Bunglon untuk Eksis di Tengah Ketidakpastian

28 Mei 2020   23:30 Diperbarui: 28 Mei 2020   23:45 112 6 0 Mohon Tunggu...

Mimikri merupakan adaptasi yang dilakukan bunglon untuk mengelabui pemangsa, sehingga terhindar dari bahaya dan bisa melanjutkan hidupnya kembali. Bunglon mengamankan diri dari pemangsa dengan mengubah warna kulit menyesuaikan tempat yang dihinggapinya. Jika sedang di atas daun, maka seluruh tubuhnya menjadi hijau, Jika sedang di atas daun berwarna merah, warnanya akan menjadi merah.

Setelah artikel Evolusi Finansial agar Bertahan, dalam menghadapi ketidakpastian pada artikel kedua ini saya fokus pada bidang usaha, sebab sepandai-pandainya mengatur pengelolaan keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa disertai pendapatan yang pasti maka sia-sia belaka. 

Terlebih di saat penuh ketidakpastian seperti sekarang ini banyak yang jadi korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja ) dan banyak pula para wirausahawan omsetnya menurun hingga bangkrutpun ada.

Tuhan menciptakan makhluk hidup berupa tumbuhan dan hewan yang terkadang perilakunya bisa kita contoh dan terapkan agar tetap eksis ditengah ketidakpastian seperti sekarang ini. 

Perilaku berubah warna ala bunglon inilah yang sedang saya terapkan dalam menjalankan usaha kecil saya agar tetap eksis. Bunglon hinggap dari pohon ke pohon dan berubah warna sesuai warna pohon tersebut selain menjaga diri dari serangan predator juga mempermudah dirinya untuk mendapatkan mangsa/makanan baginya agar bertahan hidup. 

Ada dua macam perubahan warna bunglon untuk bisa dijadikan acuan dalam menjalankan sebuah usaha yaitu:

Yang pertama, Perubahan warna agar aman dari predator/pemangsa, dalam bidang usaha saya sebut perubahan usaha agar aman dari kompetitor

Yang kedua, Perubahan warna agar mudah mendapat mangsa, dalam bidang usaha saya sebut perubahan produk agar mudah mendapat bahan baku dan perubahan produk agar banyak mendapat konsumen.

Perubahan Usaha agar Aman dari Kompetitor

Usaha yang saya jalankan selama ini bergerak dalam bidang penjualan hardware laptop, aksesoris laptop,  jasa service: laptop, printer, PC dekstop dan jasa pengeprinan. 

Dengan datangnya wabah Covid 19 sangat terpukul dan terdampak terlebih sekolah-sekolah pada libur dengan jalankan pendidikan daring maka usaha pengeprintnan yang saya jalankan otomatis mati kutu, sebab konsumen untuk jasa penge-printn-an kebanyakan para siswa, guru dan lembaga yang bergerak di bidang pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN