Mohon tunggu...
One Village One CEO
One Village One CEO Mohon Tunggu... Editor - Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB

Program Inovasi Pengembangan Bisnis Perdesaan Berbasis pada Produk Unggulan Desa (Prukades) yang Berorientasi Ekspor

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Diskusi Bersama Processor Kopi, Bahas Jenis Kopi yang Dikembangkan di Desa Cikajang, Garut

30 September 2022   03:55 Diperbarui: 30 September 2022   03:59 112 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cikajang merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini berjarak sekitar 29 Km dari ibu kota Kabupaten Garut ke selatan melalui Garut Kota. Cikajang juga dikenal sebagai penghasil kopi unggulan yang dapat diekspor ke berbagai negara.

Pada tanggal 20 September 2022, mahasiswa IPB University yang mengikuti program kampus merdeka One Village One CEO melakukan kunjungan pada salah satu processor kopi di desa Mekarsari, Cikajang Kabupaten Garut yaitu Pak Henhen. Prosesor Kopi adalah bagian yang cukup penting dalam mata rantai kopi. Beliau merupakan orang yang memproses kopi, dari tangan beliaulah kopi yang enak dikonsumsi dimulai. Dari mulai proses pemetikan, pencucian, pengeringan, hingga menjadi green beans. Terdapat beberapa petani kopi yang sekaligus memproses kopi. Namun biasanya processor kopi mempunyai lahan untuk berkebun dan menanan sendiri. Kunjungan ini dilakukan untuk menganalisis terkait jenis kopi apa yang telah berkembang di desa Cikajang. Peluang dalam hal budidaya kopi ssaat ini sangat besar dikarenakan sekarang mulai banyak orang yang memproses kopi.

Setelah melakukan diskusi bersama pak Henhen beliau menjelaskan bahwa jenis kopi yang dikembangkan di Desa Cikajang yang paling banyak adalah jenis robusta dan arabika kemudian ada juga jenis yellow borbound. Selain jenis kopi beliau juga menjelaskan grade dari masing-masing kopi. Kelas kualitas kopi diantaranya good, very good, excellent dan special tea. Jenis kopi tersebut telah terbukti kualitasnya karena Kopi Garut ini selalu masuk 10 besar dan menjadi juara 3 untuk kontes kopi Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan