Mohon tunggu...
Haryadi Yansyah
Haryadi Yansyah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

ex-banker yang kini beralih profesi menjadi pedagang. Tukang protes pelayanan publik terutama di Palembang. Pecinta film dan buku. Blogger, tukang foto dan tukang jalan amatir yang memiliki banyak mimpi. | IG : @OmnduutX

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Jatuh Bangun Single Mother Merangkap Pembantu di USA dalam Serial "Maid"

25 Oktober 2021   11:16 Diperbarui: 27 Oktober 2021   15:03 667 17 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Salah satu scene dalam serial "Maid", saat Alex dan Maddy terlunta-lunta. Sumber: IMDb via Kompas.com 

Satu malam, sambil mengendap-endap, Alexandra (Margaret Qualley) bangun dari tempat tidur dan bergerak menuju kamar anaknya --Maddy (Rylea Nevaeh Whittet) dan bergegas mengendong anaknya dalam senyap agar suaminya --Sean (Nick Robinson) tidak terbangun sebab malam itu Alex berniat kabur dari sana.

Sean memang terbangun, tapi untunglah Alex lebih dulu menjalankan mobilnya. Dalam kebingungan, Alex berusaha mencari tempat bermalam dengan mendatangi beberapa kawan. Sayangnya, dengan pertimbangan keamanan (sebab Sean mengenal kawannya ini), Alex memilih untuk mencari tempat lain.

Ada apa dengan Alex dan Sean? Rupanya, Sean kecanduan alkohol dan lepas kendali dengan meninju dinding dan melempar beberapa barang yang hampir mengenai dirinya. Secara fisik, Alex memang tidak terluka, namun batinnya tertekan dan dia merasa takut.

Saat melapor ke sebuah badan yang dapat memberikan tempat tinggal, Alex kesulitan mendeskripsikan dirinya masuk ke kelompok mana yang berhak mendapatkan bantuan.

 "Jika kau mengalami kekerasan dalam rumah tangga, kau harus melaporkan ke polisi. Baru nanti saya dapat merekomendasikanmu untuk menerima bantuan."

"Sulit untuk melapor sebab saya tidak mendapatkan luka fisik," ujar Alex lagi.

Untunglah, Alex kemudian diberikan kesempatan untuk tinggal sementara di domestic violence shelter yakni semacam rumah penampungan tempat perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan. Di sana, dia bertemu Danise (BH Harrison), pengurus yang menerima dia dengan sangat baik.

Perjuangan Alex saat jadi tukang bersih-bersih. Source image Netflix
Perjuangan Alex saat jadi tukang bersih-bersih. Source image Netflix

Alex juga berkenalan dengan Danielle (Aimee Carrero), sesama penghuni yang banyak membantu dirinya saat mengalami kesulitan. Di sana, Danielle tinggal bersama putranya yang berusia 7 tahun. Dia adalah korban kekerasan juga sama seperti Alex. Dibandingkan penghuni lain yang lebih banyak diam (dan tampil dengan muka lebam), Danielle jauh lebih bersemangat walaupun Alex tahu mereka berdua menyimpan ketakutan yang sama terhadap suami.

Sadar bahwa tak mungkin selamanya hidup menumpang di shelter, Alex berusaha mencari tempat tinggal lain dan juga pekerjaan. Beruntung tak lama Alex diterima kerja di Value Maids, sebuah penyalur jasa pembantu paruh waktu. Dengan mendatangi rumah para klien, Alex bekerja apa saja. Menyapu, mengepel, membersihkan toilet bau hingga memunguti kotoran hewan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan