Mohon tunggu...
Rokhman
Rokhman Mohon Tunggu... Guru - Menulis, menulis, dan menulis

Guru SD di Negeri Atas Awan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Aneka Beasiswa dan Dilema Guru Memotivasi Siswa

28 Juni 2020   07:32 Diperbarui: 28 Juni 2020   08:09 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dulu sekitar tahun 1980-an ketika saya masih sekolah SD/SMP di Kebumen, anak sekolah yang mendapatkan beasiswa adalah mereka yang mempunyai prestasi. Ada yang berprestasi di bidang akademik, seni, maupun olahraga.  Ada juara siswa teladan, lomba seni, lomba olahraga, lomba keagamaan, atau prestasi lainnya.

Saya salah satu yang beruntung mendapatkan beasiswa waktu itu. Saya juga tidak paham bagaimana prosesnya. Yang saya ingat ketika SD sering mewakili sekolah mengikuti lomba seperti lomba cerdas cermat, siswa teladan, dan lomba akademik lainnya.

Dari sekian banyak lomba yang masih terkenang adalah lomba siswa teladan (siswa berprestasi). Lomba siswa teladan waktu itu benar-benar menguji seluruh kemampuan peserta. Karena ada tes tertulis, Senam Pagi Indonesia (SPI), wawancara, bermain alat musik, dan membuat kerajinan tangan.

Tak disangka, dari lomba yang cukup melelahkan itu saya berhasil meraih peringkat 1 putera tingkat kecamatan. Dengan demikian saya berhak mewakili lomba yang sama di tingkat kabupaten. Namun di tingkat kabupaten saya tidak masuk  nominasi.

Namun saya merasa bangga meskipun belum berhasil meraih juara di kabupaten. Kebanggaan saya semakin bertambah ketika upacara Hardiknas di kecamatan menerima hadiah. Hadiah berupa alat tulis diserahkan oleh camat selaku inspektur upacara disaksikan seluruh peserta upacara dan masyarakat umum.

Di sela upacara,  Pak Soejoed, kepala sekolah yang mendampingi saya berbisik, "Kamu akan diusulkan mendapatkan beasiswa." Saya pun tidak paham dengan kata-kata kepala sekolah waktu itu. Saya hanya menjawab singkat dalam Bahasa Jawa, "Nggih."

Mungkin itu sebabnya mengapa saya diusulkan mendapat beasiswa. Namun tak hanya itu saja, keadaan ekonomi keluarga juga menjadi pertimbangan. Kebetulan saya adalah anak yatim piatu sejak kelas 4 SD.

Tetapi mengusulkan beasiswa waktu itu prosesnya tidak secepat sekarang. Butuh waktu tahunan bahkan sampai lupa. Bagaimana tidak, beasiswa diusulkan sejak kelas 5 SD ternyata baru keluar setelah saya kelas 1 SMP.

Saya baru tahu mendapat beasiswa setelah ada surat pemberitahuan dari kantor Depdikbud Kabupaten Kebumen (lihat ilustrasi). Dalam surat itu disebutkan bahwa besarnya beasiswa Rp5.000,00/bulan selama satu tahun atau Rp60.000,00.

Bagi saya mendapat beasiswa Rp5.000,00/bulan adalah nominal yang cukup besar. Uang sejumlah itu bisa untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan membayar SPP bulanan. Besarnya SPP waktu itu Rp2.500,00/bulan. Maka, dengan beasiswa tersebut SPP satu tahun langsung saya bayar lunas.

Meskipun beasiswa yang saya terima hanya setahun tetapi tetangga di kampung mengira untuk seterusnya selama masih bersekolah. Dan dampaknya luar biasa. Orang tua selalu memotivasi anaknya dengan kata-kata; "Ayo nak belajar yang rajin, olahraga yang giat, jadilah anak yang berprestasi, dan kehebatan lain yang layak untuk memperoleh beasiswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun